Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Punya Kapal Bantu Rumah Sakit Senilai Rp 764,5 Miliar

Kompas.com - 24/01/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung performa sektor kesehatan dalam kondisi pandemi Covid-19, Indonesia resmi memiliki Kapal Bantu Rumah Sakit.

Kapal Bantu Rumah Sakit KRI WSH-991 yang baru saja diselesaikan oleh PT PAL Indonesia dan akan dioperasikan oleh TNI Angkatan Laut. Kapal bantu tersebut dibiayai dari uang rakyat senilai Rp 764,5 miliar.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara didampingi Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban melakukan kunjungan kerja ke PT PAL Indonesia pada Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Schneider Kembangkan Platform Digital untuk Rumah Sakit Pintar

Adapun kunjungan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod.

Pada kesempatan tersebut, Wamenkeu mengatakan kapal bantu rumah sakit ini akan meningkatkan kesiagaan sektor kesehatan di Indonesia.

"Dengan kondisi pandemi, kita harus memiliki kesiapsiagaan sektor kesehatan dan tentu keberadaan kapal ini akan meningkatkan kesiapsiagaan sektor kesehatan kita di Indonesia," ujar Suahasil seperti dikutip dari situs resmi Kementrian Keuangan.

PT PAL Indonesia merupakan salah satu BUMN yang bergerak di industri pengolahan (manufaktur) yang menjalankan usaha di bidang industri perkapalan, baik kapal perang maupun kapal niaga, serta industri rekayasa umum (minyak dan gas, serta kelistrikan).

Pemerintah melalui APBN Tahun Anggaran 2021 memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT PAL Indonesia.

Tujuannya untuk melengkapi kemampuan sumber daya manusia, fasilitas, dan peralatan yang dibutuhkan.

"PT PAL adalah BUMN yang harus kita teruskan operasionalnya, melakukan alih teknologi dan memastikan bahwa kita sebagai negara maritim punya kemampuan, membangun kapal dan engineering serta rekayasa umumnya," kata Wamenkeu.

Ke depannya, Wamenkeu meminta PT PAL Indonesia terus memperkuat tata kelola dan konstruksi keuangannya.

"PT PAL sudah menjadi bagian dari holding industri pertahanan. Kita beharap bisa menjadi lebih baik ke depannya sehingga bisa menjadi salah satu dasar pemulihan ekonomi,” tandas Wamenkeu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com