BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Melirik Kawasan Superblok sebagai Hunian? Ketahui Dulu 5 Keunggulannya

Kompas.com - 25/05/2022, 07:27 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya hidup di perkotaan yang dinamis menjadikan segala sesuatu mesti serbacepat dan efisien. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, hunian di lokasi strategis dengan fasilitas lengkap menjadi salah satu pertimbangan untuk dimiliki.

Adapun kawasan yang bisa dilirik untuk memiliki tempat tinggal yang relevan dengan gaya hidup dinamis adalah superblok.

Untuk diketahui, kawasan superblok merupakan konsep penataan ruang perkotaan yang berfokus pada pemaksimalan fungsi lahan. Keterbatasan lahan di perkotaan mendorong pengembang untuk memaksimalkan lahan menjadi beberapa fungsi, seperti permukiman, bisnis dan perdagangan, pendidikan, jasa, serta rekreasi.

Dengan tinggal di kawasan superblok, para penghuni dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan lebih mudah. Pasalnya, berbagai keperluan tersedia di area tersebut. Alhasil, tingkat mobilisasi ke tempat yang jauh dapat dikurangi secara signifikan. Hal ini pun dapat membuat kualitas hidup penghuni menjadi lebih baik dan efisien dari segi waktu, biaya, dan energi.

Lantas, apa saja keunggulan yang ditawarkan kawasan superblok? Berikut ulasannya.

Baca juga: Selain Rumah Tapak dan Apartemen, Investasi Properti Jenis Ini Juga Menjanjikan Keuntungan

1. Menjadikan hidup lebih praktis

Selain disebut kota di dalam kota (city within city), kawasan superblok juga dijuluki sebagai kota mandiri atau self-contained city. Hal ini lantaran konsep superblok diterapkan di tengah kota metropolitan. Salah satunya, kawasan superblok Southgate Residence area TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Dalam pengembangan kawasan superblok, pihak pengembang memberikan akses yang mudah bagi penghuni untuk menjangkau berbagai sarana dan prasarana pendukung. Tujuannya, untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan aktivitas para penghuni, mulai dari belanja, transportasi umum, sekolah, hiburan, perkantoran, hingga dekat dengan rumah sakit.

Dengan mengutamakan prinsip kepraktisan dan efisiensi, kualitas hidup penghuni yang lebih baik pun dapat dicapai. Selain itu, penghuni juga dapat menghemat waktu, biaya, serta energi.

2. Lingkungan superblok lebih tertata

Kesan pertama yang muncul saat berada di kawasan superblok adalah lingkungan yang tertata rapi. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki superblok.

Untuk memberikan kenyamanan pada para penghuni, pihak pengembang menata kawasan secara apik. Mulai dari area tempat tinggal, perbelanjaan, perkantoran, jalur pedestrian, jalur kendaraan, serta tata letak kota dikonsep secara matang.

Baca juga: Mau Investasi Properti di Jakarta? Berikut 3 Lokasi Potensial untuk Mendapatkan Cuan

Salah satu keunggulan kawasan superblok adalah lingkungan yang lebih tertata dan teratur.Dok. Sinar Mas Land Salah satu keunggulan kawasan superblok adalah lingkungan yang lebih tertata dan teratur.

3. Bebas macet

Bebas macet merupakan kelebihan yang juga ditawarkan kawasan superblok. Hal itu dikarenakan lingkungan ini sudah ditata secara rapi dan teratur oleh pihak pengembang.
Kawasan superblok juga biasanya sudah terintegrasi dengan jalan tol atau jalan protokol.

Sebagai contoh, kawasan superblok Southgate Residence yang sudah terintegrasi dengan salah satu pintu tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Dengan begitu, para penghuni tak lagi mengalami kemacetan karena dekat dengan pintu keluar masuk tol JORR dan tanpa bertemu lampu merah. Alhasil, stres akibat kemacetan di jalan raya dapat diminimalisasi.

Bahkan, lokasinya dapat dijangkau hanya dengan menempuh perjalanan sekitar tiga menit dari pintu Tol JORR. Pengguna kendaraan umum juga dimudahkan dengan kehadiran layanan KRL Commuter Line melalui Stasiun Tanjung Barat yang berada persis di seberang Southgate.

Selain itu, umumnya mobilitas di area tersebut hanya dilakukan oleh penghuni atau pekerja kantoran di gedung setempat.

Baca juga: Cocok untuk Investasi, Sektor Properti Diprediksi Kembali Menggeliat pada 2022

Southgate Residence juga dikelilingi puluhan gedung perkantoran yang membuat kawasan Tanjung Barat Simatupang sebagai new central business district (CBD) di Jakarta Selatan.Dok. Sinar Mas Land Southgate Residence juga dikelilingi puluhan gedung perkantoran yang membuat kawasan Tanjung Barat Simatupang sebagai new central business district (CBD) di Jakarta Selatan.

4. Green area dan fasilitas lengkap

Ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) juga menjadi nilai tambah yang ditawarkan kawasan superblok. Untuk memberi kenyamanan pada penghuni, pengembang menyediakan RTH berupa taman dan jalur pedestrian.

Fasilitas tersebut dapat digunakan penghuni untuk bersantai atau berolahraga. Dengan penataan yang apik dan menarik, taman dan jalur pedestrian yang tersedia membuat penghuni merasa nyaman tinggal di kawasan superblok.

Selain RTH, kawasan superblok juga dilengkapi fasilitas lengkap, seperti perbankan, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan mal, serta pusat pendidikan.

5. Nilai investasi tinggi

Dalam mengembangkan kawasan superblok, pihak pengembang mengatur dan menata kawasan dengan mengutamakan prestise tersendiri bagi penghuninya. Hal inilah yang membuat kawasan superblok terasa eksklusif dan berkelas.

Maka tak heran, nilai properti yang ada di kawasan superblok relatif lebih tinggi ketimbang kawasan lain. Nilai properti yang dimiliki penghuni superblok pun menjadi lebih prospektif di masa depan sehingga dapat menjadi salah satu instrumen investasi pilihan.

Baca juga: Mengupas 6 Karakteristik Konsep Smart City dan Perwujudannya

Adapun fasilitas premium yang dapat dinikmati penghuni adalah Tenis Court, Wall Climbing Junior, kolam renang Semi-Olympic, Jacuzzi, Sauna, Gym indoor outdoor, Jogging track, sky fasilitas, theater room, Games room, dining room, meeting room, couple cabanna, sky lounge, rooftop terrace, Sky bar, dan masih banyak fasilitas lainnya yang hanya dimiliki Southgate ResidenceDok. Sinar Mas Land Adapun fasilitas premium yang dapat dinikmati penghuni adalah Tenis Court, Wall Climbing Junior, kolam renang Semi-Olympic, Jacuzzi, Sauna, Gym indoor outdoor, Jogging track, sky fasilitas, theater room, Games room, dining room, meeting room, couple cabanna, sky lounge, rooftop terrace, Sky bar, dan masih banyak fasilitas lainnya yang hanya dimiliki Southgate Residence

Nah, itulah lima keunggulan yang ditawarkan kawasan superblok. Adapun salah satu superblok yang patut dilirik untuk dijadikan sebagai tempat tinggal ataupun investasi adalah Superblok Southgate Residence yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land.

Sebagai informasi, Southgate Residence adalah hunian dengan konsep superblok pertama yang terletak di kawasan premium Jakarta Selatan.

Southgate Residence memiliki tiga tower, yaitu Elegance Tower, Prime Tower, dan Altuera Tower. Setiap tower memiliki konsep mewah yang berbeda-beda.

Salah satu fasilitas yang tersedia bagi para penghuni adalah pusat perbelanjaan kenamaan asal Jepang, AEON Mall. Sentra belanja ini terintegrasi secara langsung dengan Southgate Residence. Dengan begitu, kegiatan belanja dan hiburan semakin mudah diakses oleh penghuni kawasan superblok ini.

Adapun fasilitas premium yang dapat dinikmati penghuni adalah tenis court, wall climbing junior, kolam renang semi-olympic, jacuzzi, sauna, gym indoor outdoor, dan jogging track.

Baca juga: Menakar 3 Keuntungan Tinggal di Kawasan Industri yang Potensial untuk Berinvestasi

Ada pula fasilitas sky lounge, theater room, games room, dining room, meeting room, couple cabanna, sky lounge, rooftop terrace, sky bar, dan deretan fasilitas lainnya yang hanya dimiliki Southgate Residence

Southgate Residence juga dikelilingi puluhan gedung perkantoran yang membuat kawasan Tanjung Barat Simatupang sebagai new central business district (CBD) di Jakarta Selatan.

Akses terhadap sarana kesehatan & pendidikan juga mudah, seperti RSUD Fatmawati, Siloam Hospital, Mayapada Hospital, dan RS Pondok Indah, Universitas Indonesia (UI), Universitas Pancasila (UP), Universitas Gunadarma, Universitas Nasional, dan Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul).

Untuk menunjang kebutuhan penghuni dalam mewujudkan hidup yang lebih seimbang agar terhindar dari stres akibat rutinitas di perkotaan, Sinar Mas Land menyediakan sekitar 60 persen lahan atau 2,2 hektare (ha) dari kawasan tersebut sebagai area terbuka hijau.

Southgate Residence menawarkan layanan pemesanan lift bagi penguninya. Dengan begitu, lift sudah sampai di lantai unit tanpa perlu menunggu saat hendak bepergian.Dok. Sinar Mas Land Southgate Residence menawarkan layanan pemesanan lift bagi penguninya. Dengan begitu, lift sudah sampai di lantai unit tanpa perlu menunggu saat hendak bepergian.

Dari sisi keamanan, Southgate Residence dilengkapi dengan kamera pengawas pada area lobi dan layar liquid crystal display (LCD) pada setiap unit untuk mengidentifikasi tamu sebelum diizinkan naik ke unit penghuni.

Baca juga: Berpihak pada Konsumen, Pasar Properti pada Penghujung 2021 Beri Sejumlah Keuntungan Menarik

Layar LCD tersebut juga memudahkan penghuni terhubung secara langsung dengan customer service pada lantai lobi. Kemudahan lain yang juga ditawarkan bagi penghuni adalah layanan pemesanan lift. Dengan begitu, lift sudah sampai di lantai unit tanpa perlu menunggu saat hendak bepergian.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki hunian mewah Southgate Residence, Sinar Mas Land menawarkan beragam promo menarik, yaitu subsidi down payment (DP) hingga 15 persen, free biaya kredit pemilikan apartemen (KPA) 2,5 persen, dan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) hingga 50 persen.

Selain itu, full furnishedfree biaya iuran pengelolaan lingkungan (IPL), kemudahan cicilan mulai dari Rp 6 juta-an per bulan, dan tabungan deposito hingga Rp 15 juta.

Dari sisi keamanan, Southgate Residence dilengkapi dengan kamera pengawas pada area lobi dan layar liquid crystal display (LCD) pada setiap unit untuk mengidentifikasi tamu sebelum diizinkan naik ke unit penghuni.Dok. Sinar Mas Land Dari sisi keamanan, Southgate Residence dilengkapi dengan kamera pengawas pada area lobi dan layar liquid crystal display (LCD) pada setiap unit untuk mengidentifikasi tamu sebelum diizinkan naik ke unit penghuni.

Dalam setiap pembelian unit Southgate Residence, Anda berkesempatan untuk mengikuti undian “Grand Prize 1 Unit Studio Apartemen Southgate Altuera”. Kunjungi Southgate Expo pada 21–29 Mei 2022 di AEON Mall Tanjung Barat.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, calon konsumen bisa mengakses laman resmi Superblock Southgate di www.southgate.id dan website Sinar Mas Land atau WhatsApp 0811 1290 088.

 

 


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com