BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Mengupas 6 Karakteristik Konsep Smart City dan Perwujudannya

Kompas.com - 29/12/2021, 15:45 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam beberapa waktu terakhir, konsep kota cerdas atau smart city menjadi bahan perbincangan di Indonesia. Setidaknya, hal ini mulai mengemuka sejak peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia pada 2015.

Merujuk penjabaran European Smart Cities, kota pintar merupakan kota yang mengedepankan solusi digital secara efisien untuk kepentingan penduduk dan bisnisnya.

Solusi tersebut mencakup penggunaan sumber daya yang lebih baik dan emisi yang lebih sedikit, peningkatan layanan transportasi, pengoptimalan pasokan air dan fasilitas limbah, pelayanan administrasi kota yang interaktif dan responsif, penyediaan ruang publik yang aman, serta pemenuhan kebutuhan populasi lanjut usia.

Sebuah kota bisa disebut sebagai smart city bila memiliki enam karakteristik atau indikator berikut.

Pertama, smart economy. Sebuah kota dapat dikatakan smart jika kota tersebut dapat menjadi tempat keberlangsungan kegiatan ekonomi yang berkelanjutan (sustainable economies). Pencapaian ini bisa didorong lewat produktivitas dan semangat berinovasi.

Kedua, smart mobility. Hal ini diwujudkan dengan ketersediaan infrastruktur information and communication technologies (ICT) serta sistem transportasi publik yang aman dan inovatif.

Ketiga, smart environment. Di samping mengutamakan kemajuan teknologi, konsep smart city juga harus selaras dengan kelestarian lingkungan. Ini berarti, smart city harus mengedepankan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, serta keindahan fisik dan nonfisik.

Keempat, smart people. Dalam mewujudkan smart city, masyarakat dituntut untuk berpartisipasi dalam kepentingan publik, menjaga pluralitas etnik dan sosial, serta berkolaborasi demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kelima, smart living. Karakteristik ini mengedepankan aspek kualitas hidup dan kebudayaan. Kedua hal tersebut dapat diwujudkan dengan ketersediaan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat kota.

(Baca juga: 4 Hal Ini Wajib Diterapkan pada Hunian dengan Konsep Smart Living

Keenam, smart governance. Sistem serta penyelenggaraan kota pintar dan pembangunan harus mengindahkan prinsip-prinsip supremasi hukum, kemanusiaan, keadilan, demokrasi, partisipasi, transparansi, profesionalitas, dan akuntabilitas.

Sejalan dengan karakteristik tersebut, hal yang tak kalah penting dari konsep smart city adalah aksesibilitas serta kemudahan yang ditawarkan sebuah kota bagi warganya dalam menjangkau dan melakukan banyak hal.

Salah satu kota di Tanah Air yang mengusung konsep smart city adalah BSD City, Tangerang, Banten. Kota yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land ini menawarkan pengalaman live, learn, work, and play bagi warga yang tinggal di dalamnya.

Dengan mengedepankan konsep smart city, BSD City dikelilingi dengan fasilitas-fasilitas publik berskala nasional serta internasional, termasuk gedung eksibisi ICE, sekolah BPK Penabur, AEON Mall, Monash University, Prasetiya Mulya, dan Business School.

Ketersediaan fasilitas tersebut menjadikan properti di sana lebih nyaman ditinggali. Terlebih, BSD City kini bertransformasi menjadi “Integrated Smart Digital City”.

(Baca juga: 4 Hal Krusial yang Mesti Diperhatikan Saat Beli Hunian di Perumahan)

Dilatarbelakangi teknologi digital, seperti cloud, artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), dan pengambilan keputusan berbasis data, Sinar Mas Land menciptakan kota masa depan dengan kawasan tempat tinggal yang cerdas. Hal ini juga menjadi nilai tambah bagi penghuninya.

Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat serta penghuninya, tersedia pula area perkantoran yang terhubung di kawasan BSD City.

Salah satu area perkantoran unggulan di kawasan BSD City adalah Green Office Park. Kawasan ini dan sejumlah gedung perkantoran di BSD City lainnya telah mengimplementasikan konsep sustainable development.

Kawasan Gedung Perkantoran Green Office Park BSD City, Tangerang, BantenSinar Mas Land Kawasan Gedung Perkantoran Green Office Park BSD City, Tangerang, Banten

Konsep tersebut meliputi green building, low carbon emission, energy saving, water resource management, green waste management, dan less plastic.

Dengan konsep itu, kawasan tersebut berhasil memperoleh sertifikasi green district serta green building dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Selain gedung perkantoran, aspek kelestarian lingkungan juga diwujudkan Sinar Mas Land dengan menghadirkan ruang terbuka hijau (RTH) yang tersebar di sejumlah area. Beberapa di antaranya adalah Taman Kota 1, Taman Kota 2, dan Taman Kota 3.

(Baca juga: Apa Pentingnya Desain Hunian Sehat dan Bagaimana Cara Mewujudkannya?)

RTH tersebut tidak sekadar berperan sebagai paru-paru kota. Lebih dari itu, RTH BSD City juga merupakan wadah bersosialisasi dan berolahraga bagi warga BSD City.

Sementara itu, untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga, BSD City juga menghadirkan layanan keamanan yang dipantau sepanjang waktu melalui command center.

Kemudian, BSD City juga mendukung sejumlah pelaku usaha yang menjadi bagian dari ekosistem digital BSD City.

Salah satu bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui program talent development yang dilaksanakan di Purwadhika Coding School, NXL E-sports Training Center, dan Imajin Manufacturing Hub.

Sebagai informasi, akses masuk dan keluar BSD City terbilang mudah karena sudah didukung sarana dan prasarana memadai.

Sebut saja jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Ulujami-Serpong yang terhubung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Jalan Tol Kunciran Serpong, serta Jalan Tol Serpong-Balaraja yang akan segera rampung.

(Baca juga: Hunian Dekat Fasilitas Publik Semakin Penting Pascapandemi, Ini Alasannya)

Kemudian, kemudahan akses itu juga dilengkapi dengan ketersediaan transportasi umum, seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, JR Connexion, JA Connexion, dan angkutan kota (angkot).

Itulah sejumlah keunggulan fasilitas, sarana, infrastruktur, dan aksesibilitas yang ditawarkan BSD City.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki properti sekaligus menjadi bagian dari smart people dalam smart city BSD City?

Segera lakukan deal secepatnya untuk mendapatkan properti di BSD City selama stok masih tersedia.

Unit perumahan tipe Askara Nue di BSD City, Tangerang, BantenSinar Mas Land Unit perumahan tipe Askara Nue di BSD City, Tangerang, Banten

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih beberapa unit yang ditawarkan BSD City, seperti Askara Nue, Breezy House, The Blizfield, Myza, Alesha, Asatti, dan Freja.

Adapun Sinar Mas Land bekerja sama dengan sejumlah bank untuk penawaran promo tersebut, yakni Bank Mandiri, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank, BCA, BNI, BRI, BTN, UOB, Danamon, OCBC, CCB, Bank Panin, Commonwealth, dan BSI Syariah.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai hunian di BSD City, silakan berkunjung ke laman resmi Sinar Mas Land, e-catalog, atau hubungi nomor 021-53159000.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com