BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Wujudkan Hunian yang Nyaman di Era New Normal, Atur Ulang Bagian-bagian Rumah Berikut

Kompas.com - 24/09/2021, 16:40 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia pada awal 2020, cara dan kebiasaan hidup manusia mulai berubah menyesuaikan dengan situasi. Begitu juga dengan pandangan dalam merancang rumah tinggal, baik dari segi tata letak maupun desain.

Tak sedikit masyarakat yang sudah punya tempat tinggal mulai melakukan perubahan pada bagian rumah yang dianggap krusial agar relevan dan sesuai dengan kebutuhan di era new normal.

Beberapa di antara mereka membagi ruangan rumah menjadi zona bising dan tenang sesuai dengan fungsinya. Tujuannya, untuk memberi batas antara aktivitas bekerja, belajar, memasak, dan bersantai.

Berikut ini beberapa bagian rumah yang bisa didesain ulang untuk mendukung gaya hidup di era new normal.

Baca juga: Ingin Tinggal di Dekat Ibu Kota Baru? Balikpapan Bisa Jadi Pilihan Menarik

Dapur

Melansir construction21.org, Rabu (28/7/2021), salah satu bagian rumah yang bakal jadi tren untuk ditata ulang adalah dapur. Area memasak ini bisa dirancang ulang dengan menambahkan lebih banyak ruang penyimpanan atau storage.

Tujuannya, untuk mengakomodasi kebiasaan masyarakat yang gemar membeli keperluan dapur dalam jumlah besar selama pandemi, baik bahan pangan maupun perabotan dapur.

Sebagai contoh, masyarakat mempertimbangkan penggunaan lemari atau kabinet yang memiliki banyak ruang penyimpanan. Dengan begitu, mereka bisa leluasa menyimpan dan mengorganisasi barang-barang serta berbagai peralatan yang cukup banyak.

Adapun setiap inci dari ruang dapur juga bisa dioptimalkan sebagai ruang penyimpanan. Area bawah top table, misalnya, dapat disusun seperti rak yang bisa dipakai untuk menyimpan berbagai peralatan.

Baca juga: 4 Hal Krusial yang Mesti Diperhatikan Saat Beli Hunian di Perumahan

Desain lain untuk dapur yang menjadi tren adalah membuatnya seperti pantry kantor yang nyaman dan bernuansa kafe agar dapat dipakai untuk bekerja sekaligus makan dan minum. Tren ini adalah dampak kebiasaan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) masyarakat.

Untuk mewujudkannya, letakkan meja makan dekat dengan area dapur bersih. Agar terkesan artistik, tambahkan pula lampu gantung di plafon dapur dan tanaman indoor dalam vas kaca transparan.

Freja Suites BSDDok. Sinar Mas Land Freja Suites BSD

Ruang kerja

Sebelum pandemi, tak banyak masyarakat menyiapkan ruang khusus di rumah sebagai tempat untuk bekerja. Namun, sering waktu berjalan, hal tersebut jadi salah satu kebutuhan.

Ruang kerja di rumah atau home office bisa diciptakan dengan memanfaatkan lahan kosong di area rumah, seperti lorong atau sudut rumah berukuran lebar 1-2 meter.

Baca juga: Pilah-pilih Rumah di Masa Pandemi, Ini 4 Trik agar Tetap Aman

Dengan menambahkan beberapa furnitur, seperti meja dan kursi, area tersebut bisa disulap jadi ruang kerja yang nyaman.

Perlengkapan lain yang juga bisa ditambahkan adalah lampu belajar, vas bunga, dan soket listrik. Pertimbangkan juga memilih area kerja yang dekat dengan spot cahaya atau sinar matahari agar mood kerja tetap terjaga.

Zena di The Mozia BSD Dok. Sinar Mas Land Zena di The Mozia BSD

Area terbuka

Keberadaan area terbuka di rumah juga jadi perhatian masyarakat dalam menjalani gaya hidup baru di masa pandemi. Area ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga atau bermain anak. Di sini, mereka juga bisa mendapatkan cahaya matahari. Area itu juga bisa membuat aliran udara di rumah jadi lebih baik.

Adapun area terbuka bisa dibuat di sisi dalam atau luar rumah. Jika berniat membuatnya pada sisi dalam rumah, Anda bisa menciptakan area terbuka di belakang, samping, ataupun balkon.

Baca juga: Apa Pentingnya Desain Hunian Sehat dan Bagaimana Cara Mewujudkannya?

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin membuat area terbuka adalah jangan sampai rumah terlihat jadi sempit.

Karenanya, Anda bisa menyingkirkan perabotan-perabotan besar dan mulai membangun konektivitas antar-ruangan. Misalnya, hubungkan area dapur dengan area ruang makan dan ruang keluarga dengan pemandangan terpusat pada area terbuka yang telah dibuat.

Penggunaan jendela berukuran besar dekat area terbuka juga bisa jadi opsi agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan sekaligus menjadikan rumah terlihat lebih lega.

Aether Greenwich Park BSDDok. Sinar Mas Land Aether Greenwich Park BSD

Opsi lain ialah membuat taman atau courtyard di tengah rumah. Selain sebagai jalur sirkulasi, courtyard dapat menjadi penghubung satu ruangan ke ruangan yang lain.

Baca juga: 3 Alasan Kawasan TB Simatupang Cocok Jadi Lokasi Bisnis Pilihan

Nah, itulah bagian-bagian rumah yang bisa dioptimalkan untuk mewujudkan adaptasi baru yang relevan dengan situasi pandemi saat ini.

Anda bisa mengaplikasikannya di rumah mulai saat ini. Namun, bagi Anda yang merasa repot untuk mendesain ulang rumah dan ingin memiliki hunian yang sudah punya konsep new normal, inilah saatnya melirik properti yang disiapkan di masa pandemi oleh pengembang kredibel seperti Sinar Mas Land di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang.

Untuk diketahui, sejumlah properti Sinar Mas Land di BSD City telah mengakomodasi konsep hunian yang relevan untuk menunjang gaya hidup di era new normal. Salah satunya adalah Zena di The Mozia BSD.

Zena merupakan properti dengan konsep mixed-use yang memadukan peluang bisnis dan gaya hidup kreatif. Ada dua jenis produk pada Klaster Zena yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Baca juga: Properti Masih Jadi Primadona Investasi, Ini Cara Dapatkan Aset dengan Harga Menarik

Pertama, co-living yang merupakan proyek mixed-use dapat dijadikan tempat tinggal, ruang kreatif, sekaligus tempat yang ideal untuk menjalankan bisnis.

Kedua, share house. Konsep properti ini dirancang untuk keperluan ritel dan perdagangan sehingga cocok untuk dijadikan indekos dan shop houses.

Pilihan properti Sinar Mas Land di BSD City yang sudah mengakomodasi kebutuhan era normal baru berikutnya adalah MYZA Cozmo House. Perumahan in mengusung konsep klaster modern yang cozy and modern sehingga cocok dijadikan sebagai hunian untuk keluarga. Hunian ini dilengkapi ruang attic pada lantai atas.

Ukuran rumah yang kompak dan efisien serta relevan bagi Anda yang menginginkan hidup simpel dengan pemeliharaan rumah yang minimalis.

Baca juga: Melirik Prospek Kota Wisata Cibubur, Lokasi Strategis Menjalankan Bisnis

Cosmohouse at Myza BSDDok. Sinar Mas Land Cosmohouse at Myza BSD

Selain itu, ada pula Freja House and Freja Suites. Hunian berdesain industrial urban house ini ideal bagi Anda yang berprofesi sebagai wirausahawan milenial, pemilik bisnis, investor, ataupun mahasiswa. Didesain kompak, smart, dan modern, anggota keluarga dijamin akan merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Terlebih pada properti tersebut, Sinar Mas Land menyediakan fasilitas yang diberikan secara cuma-cuma, yaitu fully furnished dan smart furniture di setiap unit. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi membeli furnitur yang sesuai dengan desain rumah.

Adapun produk hunian lain yang tak kalah menarik adalah Aether Greenwich Park BSD.

Rumah eksklusif tiga lantai berkonsep classic tropical resort house tersebut dirancang khusus untuk menunjang kenyamanan dan keamanan penghuni, baik di masa pandemi maupun pascapandemi seperti saat ini. Desain rumahnya sudah dilengkapi dengan sky balcony dan sanitizing area.

Baca juga: Berbagai Stimulus Ekonomi dan Program Promosi Gairahkan Sektor Properti pada 2021

Proyek properti Sinar Mas Land tersebut makin lengkap karena berada di lokasi yang strategis, yakni di tengah pusat kota mandiri BSD City dengan berbagai fasilitas dan penunjang aktivitas.

Mulai dari kebutuhan ekonomi, pendidikan, perkantoran, hiburan, dan kesehatan sudah tersedia di kawasan tersebut.

Dikelilingi dengan fasilitas-fasilitas publik skala nasional dan internasional, termasuk gedung eksibisi ICE, sekolah BPK Penabur, AEON Mall, Monash University, Prasetya Mulya, hingga Business School, menjadikan properti di sana lebih nyaman ditinggali.

Terlebih, BSD City kini bertransformasi menjadi “Integrated Smart Digital City”.

Dilatarbelakangi teknologi digital seperti cloud, artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), dan pengambilan keputusan berbasis data, Sinar Mas Land menciptakan kota masa depan dengan kawasan tempat tinggal yang cerdas. Hal ini juga jadi nilai tambah bagi penghuninya.

Baca juga: Bidik Generasi Milenial, Sinar Mas Land Rekonstruksi DP Mall Semarang

Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat serta penghuninya, tersedia area perkantoran yang terhubung dan kawasan usaha digital hub dan infrastruktur publik. Mulai dari pembangunan tol Serpong – Balaraja, jaringan 5G, hingga fasilitas intermoda transit oriented development (TOD) melengkapi fasilitasnya.

Nah, Anda tertarik pada properti yang mana?

Dapatkan rumah terbaik impian Anda dan segera lakukan deal dengan ekstra benefit sesuai periode promo yang berlaku.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang produk-produk properti di BSD City, Anda dapat mengakses web Sinar Mas Land atau menghubugi call center 021 53159000.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com