BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Berpihak pada Konsumen, Pasar Properti pada Penghujung 2021 Beri Sejumlah Keuntungan Menarik

Kompas.com - 13/12/2021, 11:16 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sektor properti mencatatkan kinerja positif menjelang akhir 2021. Hal ini membuat banyak pihak optimistis bahwa sektor ini akan kembali menggeliat pada 2022 sepanjang tidak ada gelombang baru pandemi Covid-19.

Dari hasil penelitian Indonesia Property Watch (IPW) pada kuartal III 2021, misalnya, pasar perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Banten menunjukkan pertumbuhan nilai penjualan sebesar 53,5 persen secara kuartalan (quarter-to-quarter/qtq).

Unit yang terjual di wilayah tersebut juga meningkat sebesar 12,4 persen secara kuartalan menjadi 2.290 unit.

Optimisme juga ditunjukkan dari minat konsumen untuk memiliki properti. Berdasarkan survei Goodwater pada 2021 terhadap 575 masyarakat, 28 persen di antaranya menyatakan akan membeli properti dalam kurun waktu satu hingga dua tahun mendatang.

Kemudian, sebanyak 70 persen berencana membeli properti dalam lima tahun ke depan.

Pasar properti berpihak pada konsumen

Geliat sektor properti di penghujung 2021 bukan tanpa penyebab. Setidaknya, sejumlah kebijakan dari pemerintah, developer, dan perbankan memberikan keuntungan bagi konsumen. Tak heran, kondisi pasar properti dianggap berpihak pada konsumen.

Hal tersebut pun turut mendorong konsumen untuk memiliki properti, baik sebagai tempat hunian maupun instrumen investasi.

Adapun sejumlah kondisi pasar properti yang menguntungkan konsumen pada tahun 2021 ini adalah sebagai berikut.

Pertama, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendorong pertumbuhan sektor properti sepanjang tahun 2021. Sebut saja, kebijakan uang muka (DP) 0 persen, relaksasi loan to value (LTV), serta insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP).

Khusus PPN DTP, pemerintah menanggung 100 persen PPN untuk rumah tapak atau vertikal dengan harga maksimal Rp 2 miliar. Sementara, hunian dengan harga Rp 2-5 miliar diberi diskon PPN sebesar 50 persen.

Kedua, pihak perbankan berlomba-lomba memberikan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) yang rendah dan kompetitif selama 2021. Besarannya mulai dari 3,75 persen secara tetap selama 1 tahun sampai 9,80 persen per tahun untuk tenor 7 hingga 20 tahun.

Kebijakan tersebut belum tentu terulang pada 2022. Pasalnya, bila kondisi ekonomi Indonesia dan sektor properti kembali pulih, suku bunga KPR kemungkinan besar akan naik.

Ketiga, harga properti yang cenderung stagnan pada akhir tahun. Stagnasi harga ini terlihat Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal IV 2021 yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI).

Freja House BSD City dari Sinar Mas Land.DOK. Sinar Mas Land. Freja House BSD City dari Sinar Mas Land.
IHPR pada periode tersebut hanya sebesar 1,19 persen secara tahunan. Angka ini lebih kecil ketimbang IHPR kuartal III 2021 yang sebesar 1,41 dan kuartal IV 2020, yakni 1,43 persen.

Keempat, pengembang turut menawarkan berbagai program menarik untuk menyemarakkan pembelian properti di akhir 2021. Tawaran tersebut juga menjadi bagian dukungan developer terhadap upaya pemerintah dalam mendorong pasar sektor properti.

Promo dari developer tersebut meliputi potongan harga, cashback, deposito, serta bebas biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Promo Dealcember

Adapun salah satu developer yang memberikan promo menarik adalah Sinar Mas Land. Developer tepercaya ini menyiapkan program Dealcember yang berlangsung 10-31 Desember 2021.

Promo tersebut berlangsung bersama program Wish For Home yang sudah berlangsung sepanjang 2021. Dengan demikian, konsumen bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus saat membeli properti milik Sinar Mas Land pada penghujung 2021.

Pada promo Dealcember, konsumen bisa menghemat hingga 28,5 persen untuk pembelian rumah, kios, atau apartemen. Konsumen juga berkesempatan mendapatkan cashback sampai Rp 21 juta dan deposito sebesar 3 persen dari harga properti.

Tak ketinggalan, promo tersebut juga menawarkan bebas biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dealcember berlaku di hampir semua proyek Sinar Mas Land yang tersebar kawasan BSD City, Tangerang, Jakarta, Cibubur, Bekasi, Cikarang, Surabaya, Balikpapan, dan Batam.

Untuk kawasan BSD City, Sinar Mas Land memiliki berbagai rumah tapak di klaster unggulan yang bisa dipilih konsumen, yakni Greenwich Park, Mozia, Vanya Park, Myza, Alfiore, The Eminent, Savia Park, Provence Suites, serta Tabebuya.

Masih di lokasi yang sama, Sinar Mas Land memiliki apartemen yang terletak di kawasan strategis BSD, yakni Casa de Parco, Upper West, dan Assati. Sinar Mas Land juga memiliki ruko dengan konsep modern di BSD City, yakni Kios Pasar Modern 2 dan Autoparts.

Untuk area Jakarta, Sinar Mas Land memiliki tiga apartemen mewah berlokasi strategis, mulai dari Aerium yang terletak di Taman Permata Buana, Jakarta Barat (Jakbar), The Elements di Kuningan, serta Southgate di TB Simatupang, Jakarta Selatan (Jaksel).

Di Cibubur, Sinar Mas Land memiliki juga ruko CommPark dan klaster Nashville.

Untuk kawasan Surabaya, Sinar Mas Land memiliki perumahan Wisata Bukit Mas dan apartemen Klaska Residence.

Selanjutnya di Balikpapan, Sinar Mas Land, memiliki klaster Hayfield Grand City. Lalu, di Batam, Sinar Mas Land memiliki kawasan yang cocok untuk investasi, yakni The Nove Nuvasa Bay. Konsumen dapat membeli The Nove Landed House dan apartemen The Nove Kaina Tower.

Apartemen The Elements di Kuningan, Jakarta Selatan.DOK. Sinar Mas Land. Apartemen The Elements di Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain produk properti berkualitas, Sinar Mas Land juga menawarkan kemudahan pembayaran melalui kerja sama dengan beberapa bank. Sebut saja, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank, BCA, BNI, BRI, BTN, UOB, Danamon, OCBC, CCB, Bank Panin, Commonwealth serta BSI Syariah.

Melalui penawaran menarik Dealcember dari Sinar Mas Land, akhir tahun Anda bakal semakin manis.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera investasikan dana Anda melalui produk hunian Sinar Mas Land yang tersebar di berbagai kota tersebut selama Desember 2021. Dapatkan potongan harga, cashback, serta penawaran menarik lain selama promo Dealcember karena harga dipastikan naik untuk tahun depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dealcember, Anda bisa mengunjungi website Sinar Mas Land, e-catalog Sinar Mas Land, serta hubungi nomor telepon 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com