Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Perawatan Hewan Peliharaan Ala Bima Aryo agar Rumah Tetap Nyaman Ditempati

Kompas.com - 24/05/2022, 20:11 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan tak lagi hanya sekedar hobi, namun bisa membawa dampak positif bagi pemiliknya.

Berbagai riset pun menunjukan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memelihara hewan di rumah. Mulai dari meredakan stres sampai meningkatkan kebugaran.

Namun hewan peliharaan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan jika tidak dirawat dengan baik. Misalnya menularkan virus, kuman, atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit.

Baca juga: Perlukah Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik?

Publik figur yang juga pemilik anjing peliharaan, Bima Aryo mengatakan kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan sangat penting untuk dijaga, karena akan berpengaruh untuk pemiliknya.

“Salah satu caranya adalah dengan menciptakan dan menjaga rumah, yangmerupakan lingkungan tinggal kita bersama hewan kesayangan, untuk tetap nyaman dan bersih,” ujar Bima.

Dalam rangka memeriahkan kampanye Shopee6.6 Rumah & Hobi Sale, Bima pun turut membagikan tips bagaimana mewujudkan rumah yang nyaman dan sehat untuk keluarga dan hewan peliharaan.

1. Pemberian makanan

Sama seperti manusia, hewan juga membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi serta bersih. 

Untuk menjaga kebersihan makanan yang masuk ke tubuh hewan, maka peralatan dan tempat makan minumnya harus selalu bersih dan steril agar terbebas dari bakteri dan virus.

Wadah makanan dan minuman harus dicuci dengan air panas dan sabun bila selesai digunakan.

Hewan peliharaan juga dapat dilatih menggunakan dispenser makanan otomatis agar tak perlu kelaparan bila sang pemilik sedang sibuk atau di luar rumah.

Baca juga: Buat Kucing Anda Makin Nyaman Lewat Interior Ramah Hewan

2. Menjaga kebersihan rumah

Salah satu masalah yang kerap dihadapi pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing adalah banyak yang rontok di karpet maupun lantai rumah.

Bulu hewan ternyata bisa membawa bahaya kesehatan bagi manusia. Karena itu, Anda wajib memiliki air purifier di rumah untuk membantu menyaring udara agar tetap sehat.

Kamu juga harus rajin mengepel lantai dan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan dan menyaring bulu-bulu hewan yang rontok.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com