Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2022, 11:08 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar mengatakan puncak arus balik Lebaran 2022 di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) akan terjadi pada 6 Mei 2022-8 Mei 2022.

"Ya, jadi prediksi arus balik Lebaran itu pada tanggal 6, 7, 8 dan nanti berdasarkan instruksi Korlantas Polri akan diberlakukan one way (satu arah)," ujarnya dilansir Antara, Kamis (5/5/2022).

Dia menjelaskan, pemberlakuan satu arah di Tol Palikanci ini membuat pengendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta menggunakan jalur Pantai Utara (Pantura) arteri.

"Kami akan mengantisipasi, terutama yang berasal dari 'one way' adalah dari jalan Pantura arteri dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah," tambah Fahri.

Fahri menuturkan, Polresta Cirebon pun sudah melakukan koordinasi dengan berbagai polres terkait untuk menerapkan pola pengalihan apabila terjadi kepadatan di Pantura arteri.

Nantinya, meski kepadatan sudah terlihat di wilayah itu, pemberlakuan satu arah tetap mengacu kepada arahan Korlantas Polri.

Baca juga: Pemudik! Tanggal 8 Mei akan Jadi Puncak Arus Balik ke Jabotabek

"Kalau one way semua terintegrasi, jadi dimulai dari Kalikangkung sampai Cikatama (Cikampek Utama), sampai dengan ke arah Jakarta, itu terintegrasi," ujar Fahri.

Ia menyebut tentang kebijakan satu arah dari Korlantas Polri.

"Itu akan ada instruksi dari Korlantas Polri, informasinya dimulai pada tanggal 6 dimulai, sampai dengan berakhir di tanggal 9," sambungnya.

Sebelumnya, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik pada waktu tersebut.

Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut diprediksi akan menjadi puncak arus balik Lebaran 2022 lantaran liburan segera selesai.

Apalagi diketahui, periode arus balik sendiri memiliki jumlah hari yang cukup pendek jika dibandingkan dengan arus mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com