Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Kembali Digelar, ATI Minta Pengelola Tol Sediakan Ambulans, Derek, dan BBM Motoris

Kompas.com - 08/04/2022, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) memberikan edaran terkait kesiapan layanan operasional arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Hal ini menyusul arahan Presiden Republik Indonesia dan Rapat Komisi V DPR RI pada tanggal 6 April 2022 serta Rapat Tactical Floor Game (TGF) oleh Korlantas pada 7 April 2022.

Dalam edaran tersebut tertulis bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan memastikan dan memantau secara langsung terkait kesiapan arus mudik dan balik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Proses khususnya terkait kondisi jalan tol yang harus dipastikan dalam kondisi rapi dan tidak berlubang.

Selain itu, Menteri PUPR turut memastikan tempat istirahat dan pelayanan selalu dalam kondisi bersih dan menyediakan peturasan sejumlah 25 unit pada rest area tipe B dan 50 unit pada tipe A beserta ketersediaan air bersih.

Baca juga: ATI Desak Pemerintah Lunasi Dana Talangan Lahan Tol

Sedangkan untuk BUJT, diimbau untuk memastikan ketersediaan dan keberfungsian armada derek, ambulans, bengkel bergerak, BBM motoris tersedia di posko pelayanan.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh Kepolisian dan Direktorat Perhubugan Darat, agar dipastikan kesiapan petugas dan sarana pengaturan lalu lintas, seperti rubbercone hingga penerangan tambahan.

BUJT juga turut diimbau untuk memastikan kesiapan tambahan titik transaksi, meliputi layanan top-up, penyiagaan teknisi peralatan tol, suku cadang dan kelistrikan.

ATI juga mengimbau agar CCTV bisa diakses oleh pihak Kepolisian setempat untuk memastikan percepatan pengambilan keputusan rekayasa lalu lintas saat terjadi kepadatan.

Tak lupa untuk memastikan pasokan BBM subsidi serta non-subsidi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan di rest area.

Baca juga: Bangkitkan Gairah Investasi Jalan Tol, ATI Tegaskan Pemerintah Harus Konsisten

Adapun BUJT juga diminta untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, BPJT, Bina Marga, Dinas Kesehatan, Pertamina dan Dinas Pemadam Kebakaran demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan mudik tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com