Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Hybrid Working dan Dampaknya Terhadap Perkantoran

Kompas.com - Diperbarui 14/01/2023, 17:45 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak perubahan dan inovasi baru bagi kehidupan, salah satunya adalah solusi bekerja menggunakan sistem hybrid working.

Hybrid working adalah kombinasi bekerja di kantor (WFO) dan bekerja dimana saja, termasuk dari rumah (WFH).

Artinya, perusahaan telah memberikan pilihan kepada karyawan untuk menerapkan sistem kerja yang mereka nilai paling efektif.

Head of Facilities Management Colliers Indonesia Christina Ng menyebutkan bahwa terdapat sejumlah manfaat yang bisa didapat dari penerapan hybrid working, dilansir dari media release Colliers Indonesia, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Sistem Kerja Hybrid, Bikin Perusahaan Lebih Hemat Energi

Misalnya adalah keseimbangan kehidupan dan kerja, engagement karyawan serta menimbulkan kenyamanan bagi karyawan yang ingin fokus menyelesaikan tugas atau menjaga kesehatan mental dengan keluar dari zona nyaman dan kembali berinteraksi dengan orang lain.

Adapun manfaat dari hybrid working ini tidak hanya dirasakan pada pengelolaan perusahaan saja, melainkan juga pada gedung atau perkantoran.

Dampaknya adalah kebutuhan akan ruang kantor menjadi berkurang. Selain itu, kebutuhan dan penggunaan utilitas bangunan mengalami peningkatan atau penurunan beban hunian.

Pengurangan kebutuhan ruang berpengaruh pada konsumsi energi pada gedung dan beberapa kendala kemungkinan yang kerap dialami, seperti penggunaan Heating Ventilation and Air Conditioner (HVAC) System.

Oleh karena itu, efisiensi dari hal tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih berkualitas guna meningkatkan kinerja para karyawan.

Baca juga: Ada Omicron, Ruang Kosong Perkantoran Jakarta Diprediksi Terus Bertambah

Melihat fenomena tersebut, pihak facilities management perusahaan harus mengambil langkah tepat atau bahkan solusi terhadap masalah yang timbul karena hybrid working.

Ini bisa dilakukan dengan sikap yang adaptif dalam merespon dinamika yang ada dan memastikan bahwa setiap protokol tetap berjalan dengan benar.

Tidak hanya itu, facilities management perusahaan juga perlu untuk menerapkan teknologi bekerja yang dapat mendukung terciptanya standar ruang kerja layak, baik bagi karyawan WFO atau WFH.

Sehingga langkah ini bisa menawarkan solusi yang lebih baik dam mampu memberikan lebih banyak peluang dan keunggulan kompetitif di pasar properti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com