Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Kerja "Hybrid", Bikin Perusahaan Lebih Hemat Energi

Kompas.com - 04/02/2022, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih berlangsungnya pandemi Covid-19 membuat perusahaan mulai menerapkan sistem hybrid working (kerja hibrid).

Sistem ini merupakan sistem kerja yang memungkinkan karyawan perusahaan bekerja langsung di kantor (work from office) atau bekerja dari rumah (work form home).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (3/2/2022), Head of Facilities Management Colliers Indonesia Christina Ng mengatakan, saat ini perusahaan-perusahaan telah menerapkan WFH, tapi juga memberi pilihan bagi karyawan untuk WFO atas dasar kesukarelaan.

“Saat ini, perusahaan mulai menerapkan sistem return to office (RTO), sehingga ada kewajiban bagi para pekerja untuk bekerja dari kantor dengan aturan-aturan tertentu," jelas Christina. 

Baca juga: Ada Imbauan Kembali WFH, Yuk Ciptakan Pencahayaan Memadai di Rumah

Karena itu, konsep hybrid working mulai diberlakukan secara luas oleh berbagai perusahaan. Konsep kerja ini merupakan kombinasi dari bekerja di kantor dengan bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah.

Dengan menerapkan sistem ini, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh karyawan yakni keseimbangan kehidupan dan kerja, engagement karyawan serta menjaga kesehatan mental.

“Dampak hybrid working terhadap perusahaan adalah kebutuhan akan ruang kantor akan berkurang, yang juga akan mempengaruhi konsumsi energi dan biaya lainnya,” ungkap Christina.

Karena sudah adanya efisiensi biaya dari sewa kantor maka biaya tersebut dapat dialokasikan untuk hal-hal yang lebih berkualitas untuk meningkatkan kinerja para karyawan.

Sementara itu, dampak terhadap gedung terletak pada kebutuhan dan penggunaan utilitas bangunan, yang seharusnya menyesuaikan dengan peningkatan dan penurunan beban hunian agar dapat mencapai efisiensi operasional. 

“Pengurangan kebutuhan ruang kantor akan mempengaruhi konsumsi energi pada gedung, dan beberapa kendala kemungkinan yang sering dialami dalam penggunaan Heating Ventilation and Air Conditioner (HVAC) system,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com