Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah Desain Minimalis Tetap Populer Tahun 2022?

Kompas.com - 09/02/2022, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.comDesain minimalis banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia dalam beberapa tahun belakangan ini.

Namun, akankah desain minimalis tetap populer di tahun 2022?

Melansir Apartement Therapy, Selasa (8/2/2022), Desainer Graber Eden Morrison memperkirakan bahwa minimalis akan menjadi bagian yang besar pada tahun ini.

Morrison mengatakan bahwa minimalis dapat meningkatkan daya huni suatu ruang dan menjadi faktor penting di era baru rumah.

Baca juga: Desain Minimalis Tak Lagi Diminati Tahun 2022, Mengapa?

“Garis yang bersih dan ruang terbuka yang lapang menonjolkan tujuan utama sebuah ruangan,” jelas Morrison.

Desain minimalis juga bisa diterapkan dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, misalnya penggunaan penutup jendela dari bambu.

Penambahan tekstur melalui bahan-bahan alami tersebut mampu menghadirkan daya tarik visual dan sentuhan menarik dalam ruangan.

Selain itu, desain minimalis dapat diperkuat dengan membawa kehidupan alam luar ke dalam rumah. Cara sederhananya adalah dengan membiarkan cahaya masuk melalui penggunaan tirai atau gorden tipis dan ringan.

Akan tetapi, desain minimalis di tahun ini juga mempertimbangkan soal rumah yang sehat, terlebih masih banyak waktu yang akan dihabiskan di dalam ruangan selama pandemi Covid-19 berlangsung.

“Jika kita melihat sesuatu pada tahun 2021, itu adalah keinginan yang berkembang untuk tetap sehat. Ini termasuk membeli produk untuk rumah yang tidak hanya sedang tren, tetapi juga aman untuk keluarga,” tambah Morrison.

Pertimbangkan untuk menggunakan perabotan yang terbuat dari bahan yang aman, bebas timah hingga anti jamur dan mikroba.

Sementara itu, berbeda dengan pernyataan Morrison, Co-Founder dan CEO The Finish Stephanie Purzycki mengatakan bahwa desain minimalis sedang digantikan ke tampilan yang lebih maksimalis, dilansir dari The Spruce.

Kendati demikian, desain minimalis dikatakan masih akan memiliki nilai klasik mereka sendiri, meskipun tidak lagi menjadi pusat gaya di rumah.

Masyarakat akan mencoba untuk mengkombinasikan desain rumah dengan hal-hal yang lebih tradisional.

Sedangkan pada eksterior rumah, para desainer menantikan pemilihan warna primer yang cerah, mampu meningkatkan mood, bersahaja dan mampu menghibur di tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com