Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2021, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 membawa perubahan pada banyak hal termasuk konsep hunian yang ditawarkan oleh para pengembang properti.

Tiga pengembang papan atas Nasional, seperti PT Lippo Karawaci Tbk, PT Summarecon Agung Tbk, Sinarmas Land Group, telah lebih dulu melakukan perubahan pada setiap produk baru yang diluncurkan.

Tak hanya dari konsep desain dan lay out hunian, melainkan juga lingkungan sekitarnya dengan menerapkan banyak inovasi dan improvisasi.

Termasuk ruang terbuka hijau, dan teknologi informasi yang mendukung adaptasi kenormalan baru.

Chief Marketing Officer PT Lippo Karawasi Tbk Jopy Rusli dalam acara “Ngobrol Bareng bersama Prolab Properti Kembali Menjawab (PPKM)”, Sabtu (10/07/2021), mengatakan banyak penyesuaian yang sudah dilakukan pengembang untuk mengantisipasi hal in.

“Banyak penyesuaian yang kami lakukan. Misalnya di gardu jaga, untuk masuk ke dalam kawasan ada kontrol yang lebih ketat dengan menerapkan face identification dan temperature control. Jalur masuk residen dengan tamu juga dipisah,” ujar Rusli.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, Pengembang Properti Mulai Lirik Marketplace

Untuk tiap hunian baru, Lippo sudah mendesainnya dengan banyak bukaan dan area ruang terbuka hijau agar penghuni merasa lebih nyaman.

Sementara itu, Executive Director PT Summarecon Agung Tbk Albert Luhur mengatakan konsep township yang sudah diadopsi oleh Summarecon ternyata sangat membantu pada masa pandemi seperti sekarang.

“Kami memiliki banyak ruang hijau dan sumber air dapat dikelola dengan cara yang berkualitas sehingga penghuni rumah pun merasa aman,” paparnya.

Menurut Albert, tren properti pada masa depan adalah yang bisa menerapkan konsep clean, safety and health.

Hunian harus banyak bukaan dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Evolusi hunian yang memiliki banyak bukaan ini bahkan dinilai bisa bertahan lama meski nantinya pandemi Covid-19 berlalu.

Sinarmas Land sebagai salah satu pengembang besar di Indonesia ternyata telah bergerak cepat merancang desain rumah yang sehat dan nyaman.

“Kami sudah adaptasi konsep rumah sehat dan bersih. Sekarang ini, kita perlu rumah yang multifungsi dan bisa digunakna untuk banyak hal,” ujar Managing Director Sinarmas Land Alam Gunadi.

Perusahaan juga telah lama memasarkan rumah-rumah berkonsep smart.

"Ke depannya, akan hadir hunian yang telah dilengkapi dengan changing room. Orang bisa ganti baju dan mencuci kakinya sebelum ketemu keluarga,” imbuh Alim.

Selain itu, Sinarmas Land juga melengkapi infrastuktur internet yang memadai mengingat banyak orang yang harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com