Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Kreatif dan Kolaborasi Dhanadyaksa Hadir di Bandung, Diresmikan Sri Mulyani

Kompas.com - 17/12/2021, 17:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meresmikan aset kelolaan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Gedung Dhanadyaksa Dipati Ukur, Bandung, Jumat (17/12/2021).

Gedung ini merupakan bentuk inovasi pemanfaatan aset negara oleh LMAN sebagai Creative Hub dan Co-Working Space yang bisa digunakan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan para pelaku industri kreatif untuk saling berkolaborasi mengembangkan usaha dan kreativitas.

“LMAN sebagai pemilik aset Dipati Ukur telah berhasil mendorong ruang kreatif dan inovatif sehingga aset negara bermanfaat bagi masyarakat, terutama generasi muda dengan menyediakan tempat mereka untuk berkembang dalam komunitas," tutur Sri Mulyani.

Struktur bangunan Dhanadyaksa Dipati Ukur dibuat mengikuti aslinya dengan penambahan perkuatan dan akses pedestrian menuju lantai dua yang merupakan rang kolaborasi, co-working space, dan workshop.Hilda B Alexander/Kompas.com Struktur bangunan Dhanadyaksa Dipati Ukur dibuat mengikuti aslinya dengan penambahan perkuatan dan akses pedestrian menuju lantai dua yang merupakan rang kolaborasi, co-working space, dan workshop.
Tidak hanya mendapatkan tempat yang kompetitif dan cozy, lanjut dia, para penyewa bersama dengan pengguna gedung ini bisa menjadi potential collaborator sehingga tercipta hubungan simbiosis mutualisme. 

"Ini adalah tempat untuk generasi muda bisa berkarya. Let them be creative, let them be innovative. Begitu mereka terjun, akan mampu berkarya dalam komunitas," imbuh Sri Mulyani.

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menambahkan, Gedung Dhanadyaksa Dipati Ukur merupakan aset eks Pertamina yang ditetapkan menjadi Barang Milik Negara.

Gedung seluas 1.460 meter persegi ini diserahkan kepada LMAN melalui Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) pada tanggal 21 Juni 2017 dalam kondisi free and clear.

Rang temu publik di satu sudut Dhanadyaksa Dipati Ukur, BandungHilda B Alexander/Kompas.com Rang temu publik di satu sudut Dhanadyaksa Dipati Ukur, Bandung
Menurut Basuki, Dhanadyaksa Dipati Ukur ini merupakan upaya LMAN untuk meningkatkan manfaat sosial, ekonomi, dan finansial atas aset negara melalui kolaborasi dengan pelaku industri kreatif dan pariwisata khususnya yang berada di Kota Bandung.

"Gedung ini diharapkan juga menjadi tempat pemberdayaan para generasi muda dan pengusaha pemula (start-up),” ucap Basuki.

Untuk merealisasikan optimalisasi aset menjadi Dhanadyaksa Dipati Ukur ini, LMAN merogoh kocek senilai Rp 9 miliar sebagai ongkos konstruksi.

Ruang kolaborasi di lantai 2, Dhanadyaksa Dipati Ukur, Bandung.Hilda B Alexander/Kompas.com Ruang kolaborasi di lantai 2, Dhanadyaksa Dipati Ukur, Bandung.
LMAN bekerja sama dengan PT Global Sinergi Kreasindo yang terpilih sebagai operator gedung pada April 2021.

Kerja sama ini dilakukan dengan skema kerja sama sumber daya manusia dan/atau manajemen (KSM) dengan jangka kontrak lima tahun.

Aset Dhanadyaksa Dipati Ukur terbagi menjadi dua area, yaitu area office dan area retail. Sejak bulan Juni 2021 Co & Co telah memulai program rutinnya dengan mengadakan beberapa kegiatan.

Hingga saat ini, Dhanadyaksa Dipati Ukur telah diisi oleh enan tenant ritel dan 5 tenant office.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com