Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saluran Pengendali Banjir di Mandalika Rampung Akhir 2021

Kompas.com - 25/11/2021, 13:22 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengurangi risiko banjir di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kementerian PUPR tengah membangun saluran pengendali banjir.

Dalam laman instagram resmi Kementrian PUPR, dikatakan proses konstruksi saluran pengendali banjir ini ditargetkan bisa selesai pada akhir 2021.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian PUPR (@kemenpupr)

Untuk diketahui, KEK Mandalika merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

Selain memiliki beragam destinasi wisata alam, di KEK Mandalika juga terdapat Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang akan menjadi lokasi diselenggarakannya berbagai ajang olahraga balap internasional.

Baca juga: Diguyur Hujan Sirkuit Mandalika Tergenang, Siapa Bertanggung Jawab?

Pada Sabtu (20/11/2021), hujan deras yang mengguyur kawasan Mandalika, membuat sejumlah titik di area sirkuit tergenang air.

Hujan tidak hanya menggenangi area sirkuit, namun juga membuat air yang berada di luar sirkuit ikut meluap. Padahal saat itu, Race 1 World Superbike (WSBK) Indonesia akan segera digelar.

Hal itu membuat race 1 WSBK kemudian terpaksa ditunda ke keesokan harinya tepatnya di hari Minggu (21/11/2021).

Saluran drainase utama pengendali banjir KEK Mandalika sendiri memiliki panjang total 7,2 kilometer dengan kapasitas debit air sebesar 78 meter kubik per detik.

Saluran pengendali banjir KEK Mandalika berfungsi mengumpulkan aliran air dari Sungai Ngolang dan Sungai Soker untuk selanjutnya dialirkan ke Sungai Lagon.

Adanya saluran pengendali banjir ini sangat penting dan diharapkan akan mengurangi risiko banjir di area sirkuit dan KEK Mandalika.

Tahun lalu, proses pembangunan saluran pengendali banjir telah dimulai pembangunan saluran sepanjang 7 kilometer dan dilanjutkan pada Tahun Anggaran (TA) 2021 sepanjang 2 kilometer.

Pekerjaan pembangunan saluran pengendali banjir tahun ini ini meliputi penyempurnaan kegiatan tahun lalu, box culvert, dan saluran Sungai Soker sepanjang 305 meter.

Kemudian dilakukan juga pembangunan saluran ruas Novotel-Triputri sepanjang 1.200 meter, penataan Sungai Nandus sepanjang 1.230 meter, serta lanskap. Konstruksinya dilaksanakan oleh kontraktor PT Citra Putera La Terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com