Kompas.com - 25/11/2021, 11:51 WIB
Bendungan Bintang Bano, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBendungan Bintang Bano, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia melaui Kementerian PUPR membuka peluang penawaran kerja sama investasi sejumlah proyek infrastruktur kepada para investor yang hadir di Investment Forum Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab, beberapa waktu lalu.

Selain menawarkan proyek infastruktur untuk pembangunan lima ruas jalan tol baru, pemerintah juga menawarkan proyek Pemeliharaan Bendungan Bintang Bano dan BOT Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mendukung minat investor ikut dalam skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP), Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah regulasi.

Salah satunya adalah Undang-Undang Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja yang bertujuan untuk membuka kesempatan lebih besar bagi pengusaha berinvestasi di bidang infrastruktur dalam negeri.

Baca juga: Antisipasi La Nina, Basuki Instruksikan Seluruh Air di 241 Bendungan Dikosongkan

Mengutip akun resmi Kementerian PUPR, Bendungan Bintang Bano berlokasi di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan ditargetkan bakal tuntas di akhir tahun ini.

Bendungan ini dibangun dalam rangka meningkatkan tampungan air demi mendukung ketahanan pangan nasional dan mereduksi banjir, termasuk di NTB.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kunci pembangunan di NTB adalah ketersediaan air.

“Dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," tuturnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pembangunan bendungan akan diikuti oleh jaringan irigasinya. Hal ini dipecaya akan memberikan manfaat langsung untuk mengairi sawah-sawah petani.

Bendungan Bintang Bano diklaim memiliki potensi pariwisata karena lokasinya memiliki pemandangan alam indah dengan kondisi hutan sekitar yang masih terjaga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.