Kompas.com - 25/11/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi rumah Unsplash/Johnson JohnsonIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih rumah tidaklah mudah. Setiap orang memiliki beberapa pertimbangan dan kriteria hunian masing-masing.

Apalagi perkembangan zaman juga beriringan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan. Hal itupula yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih hunian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum, rumah memiliki dua kategori yakni modern dan konvensional. Lalu seperti apa perbedaannya?

Hal ini dijelaskan Chief Marketing Officer Bukit Podomoro Jakarta Zaldy Wihardja dalam Talkshow Virtual bertajuk 'Prestigious Living In East Jakarta' pada Rabu (24/11/2021).

Rumah konvensional yang dimaksud ialah era 1970-1990-an dengan sistem non-cluster. Sementara rumah modern dalam hal ini yaitu sistem cluster.

Baca juga: Di Tengah Puncak Pandemi, Harga dan Suplai Rumah Tetap Naik

Menurut Zaldy, rumah konvensional kebanyakan masih dua lantai. Itupun menggunakan pondasi jalur. Kemudian, drainase kurang bagus dan tidak terlalu besar, akibatnya air sering menggenang.

Sedangkan rumah modern menggunakan pondasi tiang pancang dan memiliki drainase lebih besar yang sistemnya terorganisasi dengan baik.

"Terus juga listriknya sudah underground, sementara rumah konvensional masih di udara dan berantakan, jadi suka korslet," ujarnya.

Infrastruktur jalannya juga masih kurang terawat dab belum ada kanstin. Dalam pembangunan rumah konvensional tidak ada peningkatan elevasi tanah.

Sehingga membuat jalanan lebih tinggi dari rumah. Sementara, rumah modern cenderung menaikkan elevasi tanah pada bangunan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.