Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proptech Dianggap Cara Paling Jitu Menggaet Pembeli Rumah

Kompas.com - 04/03/2021, 17:13 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja S Darmono mengatakan, property technology (proptech) saat ini menjadi sangat penting digunakan oleh para pengembang perumahan.

Menurutnya, pada era new normal pola mobilitas dan aktivitas masyarakat jelas telah mengalami perubahan. Terutama soal aktivitas yang lebih banyak di rumah dari pada di luar rumah.

"Keadaan seperti ini memaksa kita untuk menggunakan berbagai macam platform media sosial, dan juga teknologi aplikasi untuk memasarkan properti yang kita bangun kepada masyarakat," kata Sutedja dalam diskusi virtual, Kamis (04/03/2021).

Sutedja menjelaskan, penggunakan proptech seperti platform media sosial, aplikasi, hingga website saat ini merupakan cara paling jitu untuk menggaet banyak orang.

Baca juga: Rahasia Summarecon Taklukkan Pasar Makassar di Tengah Pandemi

Pasalnya, aktivitas masyarakat banyak dilakukan dan beralih ke media digital. Untuk media sosial, misalnya Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, Club House hingga TikTok.

Pengembang properti seharusnya sudah beralih dengan memanfaatkan proptech dan memaksimalkan peran media sosial.

"Beberapa kampanye pemasaran sudah kami lakukan juga. Seperti menggunakan Google Adsens, Video Adsence, dan lain-lain," jelasnya.

Tingkat keterikatan atau engagement antara pengembang dan calon konsumen juga tinggi. Selain itu brand awareness secara otomatis terbentuk.

Kendati tidak menyebutkan raihan penjualan dalam rupiah, namun Sutedja meyakini pemanfaatan media sosial memberikan "nilai" positif bagi produk-produk properti.

Sementara, penggunaan website dan landing page lebih ditujukan untuk menjelaskan semua hal detail tentang produk properti tengah dipasarkan.

"Website dan landing page sama pentingnya. Tujuannya agar dapat memaparkan dan menggambarkan detail produk properti dan sebagainya," imbuh Sutedja.

Meski di tengah pandemi, kata dia, pengembang perumahan juga saat ini sudah mulai banyak menyelenggarakan event atau pameran secara daring.

Baca juga: Empat Pengembang Berpeluang Catat Pertumbuhan Sales Tahun Ini, Pakuwon Memimpin 35 Persen

Hal ini menjadi bukti bahwa industri properti di Indonesia telah siap menghadapi era new normal.

Untuk diketahui, hingga saat ini, Jababeka Residence telah memiliki sejumlah aplikasi properti yang dapat diakses dan digunakan oleh masyarakat dalam mencari hunian.

Di antaranya Jababeka Residence Apps, Jababeka 360 Apps, J-Smart Apps, Customer Relationship Management (CRM) Faskey, dan J-Fast Jababeka Focus to Accelerate Service Tenant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com