Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2024, 08:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tahapan penting dalam budidaya kemangi yaitu melakukan pemanenan. 

Panen kemangi harus dilakukan di waktu yang tepat dengan teknik yang benar agar bisa mendapatkan hasil panen berkualitas. 

Baca juga: Seberapa Sering Tanaman Kemangi Perlu Disiram?

Selain untuk mendapatkan hasil panen terbaik, menerapkan teknik panen yang benar juga bisa membuat tanaman tetap tumbuh dengan baik meski daunnya sudah dipanen. 

Lantas, bagaimana cara panen kemangi dengan benar? Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (28/4/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Kapan waktu yang tepat untuk panen kemangi?

Ilustrasi tanaman kemangi di potShutterstock/PandaStudio Ilustrasi tanaman kemangi di pot

Waktu terbaik untuk panen kemangi yaitu saat tanaman sudah membuka setidaknya empat pasang daun. Biasanya, tanaman sudah memiliki tinggi antara 15 hingga 20 cm. 

Jika mengetahui waktu penyemaian kemangi, maka masa panennya bisa diperkirakan yakni saat tanaman berumur 60 hingga 70 hari setelah semai. 

Panen kemangi sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah embun pagi menguap. Dengan demikian, hasil panen kemangi lebih berkualitas. 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Biji Tanaman Kemangi, Bisa Ditanam Lagi

Cara panen daun kemangi

Salah satu bagian tanaman kemangi yang bisa dipanen yaitu daunnya. Tanaman ini memiliki daun beraroma khas yang biasanya ditambahkan dalam makanan. 

Cara panen kemangi cukup dengan memetik daun yang segar, biasanya ada di bagian atas tanaman. Sebaiknya, tidak memanen daun kemangi yang berada di bagian bawah karena bisa membuat tanaman kurus. 

Untuk mendapatkan daun yang beraroma khas, panenlah tanaman kemangi sebelum bunganya muncul. 

Cara panen batang kemangi

Selain daun, batang kemangi juga bisa dipanen. Jika ingin panen daun kemangi sekaligus, maka seluruh batang kemangi bisa dibuang.

Caranya dengan memotong tanaman dari atas ke bawah menggunakan gunting. Usahakan untuk memotong batang di atas titik munculnya daun tunas tanaman. 

Buang tidak lebih dari sepertiga tinggi total tanaman, sehingga nantinya tanaman kemangi bisa tumbuh lagi dan dapat dipanen berulang kali. 

Baca juga: 6 Penyebab Daun Kemangi Menguning dan Cara Mencegahnya

Cara menyimpan kemangi segar

ilustrasi panen kemangiShutterstock/InFocus.ee ilustrasi panen kemangi

Cara terbaik untuk menyimpan kemangi segar yaitu dengan memotong tangkainya dan memperlakukannya seperti bunga potong segar. 

Masukkan potongan tangkai kemangi ke dalam air bersuhu ruang. Cara ini membuat kemangi tetap segar setidaknya sampai lima hari. 

Kemangi sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas karena warna daunnya bisa berubah menjadi cokelat di suhu dingin. Lebih baik mengeringkan daun kemangi agar lebih tahan lama. 

Itulah waktu dan cara panen kemangi yang tepat. Pemanenan yang benar membuat kemangi tetap bisa tumbuh dengan baik dan dapat dipanen berulang kali, sehingga lebih menguntungkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com