Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Kaktus

Kompas.com - 06/04/2024, 15:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus tergolong sebagai tanaman hias minim perawatan, sehingga tidak merepotkan. 

Tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari, cukup siram tanaman saat media tanam kering dan pastikan tanaman mendapatkan cahaya terang agar tetap bisa tumbuh dengan baik. 

Baca juga: 6 Area di Rumah yang Tidak Boleh Diletakkan Tanaman Kaktus, Kenapa?

Perawatan yang relatif mudah membuat tanaman ini cocok diletakkan di dalam ruangan. Meletakkan kaktus di dalam rumah akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menarik. 

Dikutip dari Livingetc, Sabtu (6/4/2024), berikut tips mendekorasi ruangan dengan tanaman kaktus agar terlihat cantik dan tidak membosankan. 

Pilih kaktus yang tepat

Ilustrasi tanaman kaktus dan sukulen.UNSPLASH/ANGELE KAMP Ilustrasi tanaman kaktus dan sukulen.

Langkah awal yang perlu dilakukan saat hendak mendekorasi ruangan dengan kaktus yaitu memilih tanaman kaktus yang tepat. 

Rebecca McEvoy, penata gaya di New York dan London, menyarankan untuk memilih kaktus berukuran besar karena akan membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 5 Jenis Kaktus Tanpa Duri yang Aman Dipelihara di Rumah

Paris Lalicata, pakar tanaman di The Sill juga mengatakan mendekorasi ruangan dengan kaktus besar akan membuat ruangan terlihat dramatis. 

Gunakan pot terakota besar untuk menanam kaktus ini dan letakkan kerikil di atas tanah, sehingga tampilan kaktus terlihat semakin cantik. Selain itu, pastikan pencahayaan mencukupi untuk menunjang pertumbuhan kaktus. 

Tanaman kaktus berukuran besar relatif sulit dipindahkan, sehingga pastikan lokasi meletakkan kaktus cukup terang agar kaktus bisa tumbuh dengan baik. 

Baca juga: 5 Manfaat Utama Meletakkan Tanaman Kaktus di Dalam Rumah

Letakkan beberapa jenis kaktus di ambang jendela

Tips mendekorasi ruangan dengan tanaman kaktus lainnya yaitu menempatkan beberapa jenis kaktus di ambang jendela. Bentuk kaktus yang berbeda membuat area jendela terlihat lebih menarik. 

Sebaiknya, pilih kaktus berukuran kecil, agar tidak menutupi jendela. Tanam kaktus dalam pot terakota, marmer, dan pot antik untuk membuat tampilan tanaman terlihat lebih menarik. 

Paris mengatakan meletakkan kaktus dengan bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda akan menciptakan kontras dan daya tarik visual. 

Baca juga: 4 Jenis Kaktus yang Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Buat taman zen mini di dalam ruangan

Taman zen merupakan bagian dari budaya tanaman dalam ruangan Jepang yang membuat perasaan lebih tenang. Taman ini menggunakan material kering yang sering ditemukan di kuil-kuil, seperti batu, tanaman liat, pasir, dan fitur air. 

Elemen tersebut disusun sedemikian rupa sehingga menciptakan tampilan yang cantik dan harmonis. Taman zen bisa dibuat dalam ukuran lebih kecil, sehingga bisa ditempatkan di atas meja. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com