Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Kaktus yang Bisa Diletakkan di Dalam Ruangan

Kompas.com - 22/05/2021, 15:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk lingkungan dengan iklim lebih panas dan kering, kaktus menjadi pilihan tepat jika Anda ingin merawat tanaman hias. Sebab, tanaman gurun ini menyukai udara kering dan suhu ruangan rata-rata.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (22/5/2021), meski paparan sinar matahari penuh diperlukan untuk kesehatan kaktus, banyak spesies dapat bertahan hanya dalam tiga jam sehari dan pencahayaan tambahan dapat membantu kaktus yang hidup di dalam ruangan kurang pencahayaan. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Kaktus agar Tetap Sehat dan Terus Berkembang

Selain pencahayaan yang memadai, tanah yang memiliki drainase baik adalah kunci sukses merawat tanaman ini.

Meskipun harus diterangi di bawah sinar matahari, beberapa kaktus juga bisa dirawat di dalam ruangan. Berikut beberapa pilihan kaktus yang bisa diletakkan di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Kaktus yang Perlu Diketahui

Angel Wings Cactus 

Kaktus Opunta Albispina atau angel wings cactus adalah anggota dari keluarga kaktus berduri yang menumbuhkan kelompok rambut dengan jarak yang sama dari duri tajam di tubuhnya.

Tanaman asli Meksiko ini memerlukan sinar mahari penuh sepanjang hari untuk bisa tumbuh dengan baik. Untuk penyiramannya, basahi jika tanah sudah terasa kering dan hindari menyiramnya dengan berlebihan. 

Baca juga: Jenis Kaktus yang Memiliki Bunga

Rat Tail Cactus 

Jika di dalam ruangan tidak memiliki lahan luas, Anda bisa mempertimbangkan merawat rat tail cactus atau kaktus ekor tupai karena bisa ditanam dalam pot gantung.

Jika tumbuh dengan baik, kaktus ini akan memiliki bunga berwarna magenta yang mekar. Pilih keranjang gantung berukuran besar karena kaktus ini memiliki pertumbuhan yang cepat. 

Baca juga: Praktis dan Mudah, 3 Cara Menanam Kaktus Koboi dengan Media Pot

Untuk tumbuh dengan baik, letakkan kaktus ini di tempat yang memiliki paparan sinar matahari langsung dan siram secara teratur jika tanah terasa mengering. 

Christmas Cactus 

Christmas kaktus atau kaktus natal memiliki bunga berbentuk tabung berwarna merah, pink, oranye, dan putih. Tanaman yang berasal dari hutan hujan Brasil ini hidup sebagai epifit yang tumbuh di cabang pohon lainnya. 

Baca juga: Manfaat Kaktus Selain Sebagai Tanaman Hias

Untuk pertumbuhan yang subur dan sehat, letakkan kaktus ini di tempat yang memiliki cahaya tidak langsung dan siram ketika tanah terasa mengering. 

Old Lady Cactus (Mammillaria hahniana) 

Varietas kaktus ini memiliki bulu dan duri putih. Kaktus yang sehat akan menghasilkan bunga berwarna merah muda seperti mahkota di atas kepala. 

Baca juga: Mengapa Kaktus Berubah Warna Jadi Kecokelatan? Ternyata Ini Sebabnya

Tanam kaktus ini dalam campuran pot berpasir, sirami setiap minggu dan setiap bulan, serta tempatkan kaktus di lokasi terang. 

Barrel Cactus 

Kaktus ini ditutupi dengan duri panjang dan kaku yang melindungi bagian tubuhnya. Dapat memiliki ketinggian maksimal hingga 10 kaki saat tumbuh di luar ruangan, kaktus barrel bisa hidup selama beberapa dekade. 

Baca juga: Tak Hanya Jadi Hiasan, Ini Manfaat Kaktus dalam Kehidupan Kita

Sebagai tanaman rumah, kaktus barel sangat membutuhkan sinar matahari sebanyak yang Anda bisa berikan dan sedikit irigasi, ditambah campuran pot berpasir.

Hindari melakukan penyiraman dengan berlebih, karena kaktus ini hanya butuh penyiraman ketika tanah mengering. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com