Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Dekorasi Meja Makan untuk Buka Puasa Bersama di Rumah

Kompas.com - 31/03/2024, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Dubizzle

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk mengajak keluarga atau teman buka puasa bersama di rumah. 

Buka puasa bersama bisa membuat hubungan antar anggota keluarga maupun sahabat lebih erat. Tak hanya itu, ada banyak momen yang bisa diabadikan selama berbuka puasa bersama. 

Baca juga: Ide Dekorasi Meja Makan untuk Acara Buka Puasa di Rumah

Untuk menambah kemeriahan dan kebahagiaan buka puasa bersama, meja makan yang digunakan untuk berkumpul perlu didekorasi dengan cantik.

Dilansir dari Dubizzle, Minggu (31/3/2024), berikut beberapa ide dekorasi meja makan untuk buka puasa bersama di rumah. 

Menyediakan alat makan yang cantik

Ilustrasi meja makan untuk buka puasa bersamaShutterstock/Molishka Ilustrasi meja makan untuk buka puasa bersama

Salah satu cara mendekorasi meja makan untuk buka puasa yaitu meletakkan alat makan yang cantik. Ada beberapa jenis alat makan yang bisa dipilih. 

Alat makan makan tradisional bisa dipilih untuk memberikan sentuhan elegan di meja makan. Selain alat makan tradisional, alat makan bergaya kontemporer juga bisa menjadi pilihan. 

Baca juga: Ide Menghias Meja Makan untuk Sahur dan Buka Puasa

Desain yang ramping dan minimalis, membuat meja makan terlihat semakin cantik. Ada juga alat makan bertemakan Ramadan yang bisa digunakan saat buka puasa bersama. 

Biasanya, alat makan tersebut memiliki motif seperti bulan sabit, bintang, lampion, atau berpola khas Timur Tengah. Alat makan bertema Ramadan membuat meja makan terlihat lebih meriah. 

Tak hanya mempertimbangkan desainnya saja, kualitas alat makan juga perlu diperhatikan. Pilihlah alat makan berkualitas agar nyaman saat digunakan. 

Menampilkan skema warna yang tepat

Selanjutnya, ide dekorasi meja makan untuk buka puasa bersama juga bisa dengan menampilkan skema warna yang tepat. Warna emas, hijau, dan biru bisa menjadi pilihan karena sering digunakan pada dekorasi Ramadan. 

Selain itu, warna cerah lain seperti merah atau ungu juga bisa menambah susana di meja makan semariah. 

Baca juga: 5 Trik Bikin Dapur Bersih agar Sahur dan Buka Puasa Lebih Nyaman

Letakkan dekorasi bertema Ramadan di tengah meja makan

Ilustrasi dekorasi meja makan bertema RamadanShutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi dekorasi meja makan bertema Ramadan

Bagian tengah meja makan bisa digunakan untuk meletakkan dekorasi bertema Ramadan seperti lilin, bunga, lampion, dan dekorasi lain. 

Selain dekorasi, makanan ringan khas Ramadan seperti kurma dan kue kering juga bisa ditempatkan di tengah meja makan. 

Gunakan serbet bertema Ramadan

Serbet menjadi salah satu benda yang harus ada di atas meja makan. Untuk buka puasa bersama, pilihlah serbet bertema Ramadan, seperti serbet dengan motif bulan atau bintang. 

Sebaiknya, pilih serbet dari linen untuk menambah sentuhan elegan di meja makan. Serbet berwarna putih juga bisa dipilih untuk memberikan kesan klasik dan cantik di meja makan. 

Baca juga: Tips Menata Rumah di Bulan Ramadan

Itulah beberapa ide dekorasi meja makan untuk buka puasa bersama di rumah. Tak hanya cantik, meja makan juga harus dibuat nyaman agar menambah kebahagiaan saat buka puasa bersama di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com