Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2024, 20:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang sering dijumpai setelah mencuci dan mengeringkan pakaian yaitu pakaian menjadi menyusut dari ukuran semula. 

Kondisi ini tentu saja membuat pakaian tidak nyaman saat digunakan. Bahkan, bisa membuat pakaian rusak. 

Tapi tak perlu risau, karena ternyata ada beberapa cara agar pakaian tidak menyusut. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (20/3/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Baca juga: Cara Mencegah Pakaian Menyusut dan Melar Saat Dicuci

Penyebab pakaian menyusut

Ilustrasi mencuci pakaian wol.Shutterstock/Damian Lugowski Ilustrasi mencuci pakaian wol.

Sebelum mengetahui cara mencegah pakaian menyusut, tak ada salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu penyebab pakaian bisa menyusut. 

Penyebab paling umum yaitu adanya paparan panas baik saat mencuci maupun saat mengeringkan. Selain paparan panas, penyusutan pada pakaian juga bisa terjadi akibat pakaian terlalu diaduk selama siklus pencucian 

Proses pencucian berlebih akan menyebabkan serat mengencang, sehingga pakaian menyusut. Pencucian yang tidak tepat bisa menyebabkan penyusutan pada beberapa jenis pakaian. 

Misalnya, viscose akan menyusut saat dicuci dengan air. Sedangkan pakaian wol akan menyusut saat dicuci menggunakan detergen dengan pH tidak netral atau dengan pemutih klorin atau oksigen. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Rayon agar Tahan Lama

Cara agar pakaian tidak menyusut saat dicuci

Untuk mencegah pakaian menyusut saat dicuci, mulailah dengan membaca label perawatan pakaian tersebut. Pada label biasanya terdapat informasi terkait cara mencuci pakaian

Mencuci pakaian dengan air dingin bisa mencegah penyusutan akibat paparan panas. Sedangkan memilih pengaturan halus, lambat, atau bahkan mencuci dengan tangan akan melindungi pakaian dari penyusutan akiba agitasi. 

Mencuci pakaian dengan tangan adalah cara terbaik untuk menjaga agar pakaian tetap halus dan tidak menyusut. Mencuci pakaian dengan tangan juga sangat efektif untuk kain yang mudah menyusut akibat pencucian berlebihan. 

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Pakaian

Cara mencegah pakaian menyusut di mesin pengering

Ilustrasi menjemur pakaianSHUTTERSTOCK/MEGO PICTURAE Ilustrasi menjemur pakaian

Selain akibat proses pencucian, pakaian menyusut juga bisa disebabkan oleh proses pengeringan. Suhu panas yang tinggi di mesin pengering, guncangan akibat fungsi mesin, dan kontak dengan pakaian lain bisa menyebabkan serat pakaian berkontraksi. 

Kondisi tersebut membuat pakaian mudah menyusut. Cara agar pakaian tidak menyusut saat dikeringkan bisa dengan menggunakan pengeringan suhu rendah atau dikeringkan di udara. 

Cara lain bisa dengan memasukkan pakaian ke dalam kantong cuci jaring yang dapat menambah lapisan perlindungan air gejolak dan gesekan yang disebabkan oleh pakaian lain selama pengeringan. 

Baca juga: Cara Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan Agar Tidak Apek

Tips lainnya yaitu mengeluarkan pakaian dari pengering sebelum benar-benar kering. Pengeringan berlebihan terjadi saat pakaian kering tertinggal di dalam mesin pengering, sehingga kain terpapar panas yang tidak dibutuhkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com