Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perlengkapan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan Pakai Sikat Gigi

Kompas.com - 20/03/2024, 16:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sikat gigi adalah alat yang digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. Selain berguna untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, sikat gigi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perlengkapan rumah tangga

Sikat gigi akan membuat perlengkapan rumah bersih dengan maksimal. Sebab, ukuran yang kecil membuat alat kebersihan ini bisa menjangkau area yang sulit dibersihkan. 

Baca juga: 5 Manfaat Sikat Gigi Bekas untuk Membersihkan Rumah

Ada beberapa perlengkapan rumah tangga yang bisa dibersihkan pakai sikat gigi. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (20/3/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Nat lantai

membersihkan nat lantai pakai sikat gigiShutterstock/romarti membersihkan nat lantai pakai sikat gigi

Nat lantai menjadi salah satu area yang sering diabadikan. Padahal, area ini mudah kotor dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab penyakit. 

Area yang sempit membuat nat seringkali terlewatkan saat membersihkan rumah. Namun, dengan menggunakan sikat gigi, nat lebih mudah dibersihkan. 

Cara membersihkan nat bisa dengan menuangkan bahan pembersih ke nat lantai. Lalu, gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran pada nat. Setelah itu, jangan lupa membilas nat dengan air bersih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Lantai Keramik, Bisa Pakai Soda Kue

Rel jendela dan pintu

Selain nat lantai, bagian rumah lainnya yang juga bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi yaitu area rel jendela dan pintu. 

Dengan menggunakan sikat gigi, maka kotoran dan debu yang menumpuk di rel jendela dan pintu lebih mudah dibersihkan. Bila perlu, tambahkan campuran cuka dan air untuk menghilangkan noda di area tersebut. 

Perlengkapan rumah tangga berukuran besar

Berikutnya, perlengkapan rumah tangga lainnya yang bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi yaitu perlengkapan berukuran besar seperti mesin cuci dan lemari es. 

Area yang biasanya dibersihkan yaitu karet di pintu mesin cuci dan pintu lemari es. Ukuran sikat gigi yang kecil membuat area pintu yang sempit lebih mudah dibersihkan. 

Selain itu, bentuk sikat gigi juga membuat alat kebersihan ini bisa membersihkan lubang pada tabung mesin cuci yang biasanya sulit dijangkau. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Perlengkapan dapur

Ilustrasi membersihkan kompor kaca.Shutterstock/Iurii Stepanov Ilustrasi membersihkan kompor kaca.

Peralatan dapur juga bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi. Alat ini bisa digunakan untuk mengeluarkan apapun yang tersangkut di saringan, parutan, dan alat dapur apapun. 

Dengan menggunakan sikat gigi, maka sisa bahan makanan yang tertinggal di perlengkapan dapur bisa dibersihkan dengan maksimal. 

Kompor

Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kompor. Sebelum digunakan untuk membersihkan kompor, celupkan terlebih dahulu sikat gigi ke larutan sabun cuci piring. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kompor Kaca tanpa Menggoresnya

Lalu, gunakan sikat gigi untuk menggosok area kompor. Terakhir, lap kompor dengan kain bersih untuk menyeka sisa sabun. 

Itulah beberapa perlengkapan rumah tangga yang bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi. Dengan alat ini, maka seluruh bagian rumah lebih mudah dibersihkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com