Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Mengaplikasikan Cat, Bikin Rumah Terlihat Lebih Kecil

Kompas.com - 20/03/2024, 14:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat bisa mengubah suasana di dalam rumah. Maka dari itu, pengaplikaasian cat harus dilakukan dengan benar. 

Aplikasi cat yang kurang tepat bisa membuat rumah kurang menarik. Bahkan, aplikasi cat yang salah dapat membuat rumah terlihat lebih kecil dan pengap. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (20/3/2024), berikut ini beberapa kesalahan saat mengaplikasikan cat yang membuat terasa lebih kecil. 

Baca juga: Seberapa Perlu Mengaplikasikan Cat Primer Sebelum Mengecat Dinding?

Memilih warna trim dengan kontras tinggi

Ilustrasi mengecat dindingSHUTTERSTOCK/VANOVASAIO Ilustrasi mengecat dinding

Katie Holdefehr, asisten direktur editorial di Real Simple, mengatakan bahwa di ruangan kecil trim yang kontras bisa membuat ruangan terlihat lebih kecil. 

Holdefehr menyarankan untuk memilih trim yang lebih terang atau sama seperti dinding agar ruangan terlihat lebih terang.

Selain itu, mengecat dinding, kusen, dan bingkai jendela berwarna putih akan membuat ruangan terasa lebih cerah dan netral. 

Baca juga: 6 Tips Mengecat Dinding Interior Rumah Agar Hasilnya Rapi

Mengecat langit-langit rumah dengan warna gelap

Selanjutnya, kesalahan saat mengaplikasikan cat yaitu mengecat langit-langit rumah dengan warna gelap. Holdefehr mengatakan jika ingin membuat ruangan lebih besar, jangan mengecat langit-langit dengan warna gelap. 

Sebab, secara visual warna gelap akan menurunkan ketinggian langit-langit rumah beberapa meter. Lebih baik mengecat langit-langit rumah dengan warna putih atau warna terang yang sama seperti dinding. 

Secara umum, warna cat yang terang di bagian atas ruangan dan warna yang lebih gelap di bagian bawah bisa membuat ruangan terlihat lebih tinggi dari sebenarnya. 

Apabila ruangan memiliki lis dinding, pertimbangkan untuk mengecat panel dengan warna yang lebih gelap dan warna yang terang di dinding atasnya. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Langit-langit Rumah agar Terlihat Lebih Menarik

Selalu memilih cat putih

Di ruangan penuh cahaya matahari, cat putih akan memantulkan sinar matahari sebanyak mungkin, sehingga membuat ruangan terasa terang. 

Namun, di ruangan sempit tanpa jendela dan minim cahaya, cat putih hanya akan memberikan ilusi ruangan besar, padahal kenyataannya tidak seperti itu. 

Di kamar mandi kecil dan gelap atau lorong sempit, Holdefehr menyarankan untuk menggunakan warna yang lebih gelap atau warna permata yang kaya. Warna tersebut akan membuat ruangan terasa lebih mewah dan dramatis. 

Mengecat ruangan kecil dengan satu warna

Ilustrasi mengecat dinding.SHUTTTERSTOCK/ZEDWARD_INDY Ilustrasi mengecat dinding.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com