Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2024, 19:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantal merupakan salah satu perlengkapan kamar tidur yang bisa membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak.. 

Sama seperti perlengkapan tidur lainnya, bantal juga memiliki masa pakai. Semakin sering dipakai, maka kenyamanan bantal semakin berkurang. 

Baca juga: Kapan dan Berapa Lama Sebaiknya Bantal Harus Diganti?

Bantal yang sudah tidak nyaman sebaiknya segera diganti agar tidak mengganggu kualitas tidur. Dilansir dari The Spruce, Selasa (19/3/2024), ada beberapa tanda bantal harus diganti. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Bantal sudah tidak tebal

Ilustrasi bantal.Shutterstock/New Africa Ilustrasi bantal.

Jika ketebalan tebal sudah berkurang dan tidak nyaman, maka artinya bantal sudah harus diganti. Ashley La Fond, pendiri perusahaan Of Space + Mind mengatakan bahwa bantal berfungsi untuk melindungi kepala dan leher. 

Jika isi bantal sudah tidak rata atau menggumpal, maka bantal tersebut perlu segera diganti karena sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Baca juga: Tanda-tanda Bantal Harus Segera Diganti

Berubah warna

Selain ketebalan, tanda bantal harus diganti juga bisa dilihat dari warnanya. Bantal yang sudah kusam, dan bernoda sebaiknya segera diganti. 

Noda pada bantal bisa menjadi media penyebaran mikroba berbahaya. Tak hanya itu, bantal yang sudah kuning atau kusam juga kurang estetik, sehingga akan mengganggu tampilan kamar tidur. 

Bantal beraroma menyengat

Bantal yang beraroma menyengat bisa membuat tidur kurang nyaman. Maka dari itu, bantal yang sudah beraroma tak sedap, sebaiknya segera disingkirkan. 

Jin Chon, salah satu pendiri Coop Sleep Goods, mengatakan apabila bantal mengeluarkan aroma yang aneh, bahkan setelah dicuci, maka artinya bantal sudah harus diganti. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bantal Sofa Berdasarkan Bahannya

Bantal bisa dilipat menjadi dua

Cara sederhana untuk mengetahui tanda bantal harus diganti yaitu dengan melipat bantal menjadi dua. Jika bantal terlipat dan tidak memantul kembali, maka artinya bantal sudah perlu segera diganti. 

Akan tetapi, dalam keadaan darurat, bantal yang sudah terlipat menjadi dua masih bisa digunakan. Chon mengatakan cara sederhana untuk memperpanjang umur bantal yaitu dengan menepuk-nepuk atau mengeringkannya selama beberapa menit agar isinya kembali menebal. 

Umur bantal sudah tua

Ilustrasi bantal. SHUTTERSTOCK/OLYA DETRY Ilustrasi bantal.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa masa pakai bantal ada masanya. Kevin Chon, salah satu pendiri Coop Sleep Goods, menyarankan untuk mengganti bantal setiap dua tahun sekali. 

Baca juga: Catat, 8 Tanda Bantal Perlu Diganti

Meskipun bantal masih terlihat bagus, jika umurnya sudah tua, maka bantal tetap perlu diganti dengan yang baru. 

Itulah beberapa tanda bantal harus diganti. Lakukan pengecekan kondisi bantal dengan rutin agar tetap nyaman saat digunakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com