Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Langit-langit Rumah agar Terlihat Lebih Menarik

Kompas.com - 05/03/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendekorasi interior rumah, jangan lupakan area plafon atau langit-langit rumah. Meski jarang diperhatikan, langit-langit rumah perlu tetap didekorasi dengan apik agar tampilan rumah semakin cantik. 

Pilihan ide langit-langit mencakup ide dinding aksen hingga ide cat yang disesuaikan dengan gaya setiap rumah. 

Baca juga: 5 Ide Warna Langit-langit Rumah agar Lebih Nyaman dan Menenangkan

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (5/3/2024), berikut beberapa cara mendekorasi langit-langit rumah agar terlihat lebih menarik. 

Cat plafon dengan warna yang sama dengan dinding

Ilustrasi plafon di ruang tamuShutterstock/ImageFlow Ilustrasi plafon di ruang tamu

Salah satu cara termudah untuk membuat langit-langit rumah terlihat lebih menarik yaitu dengan mengecat dengan warna sama seperti dinding. Cara ini akan membuat dinding terlihat lebih luas. 

Selain itu, plafon yang dicat dengan warna tertentu juga bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan cantik. 

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Plafon Rumah Berdasarkan Survei

Pasangkan wallpaper

Selain dihias dengan cat, cara mendekorasi langit-langit rumah juga bisa memasang wallpaper. Pasang wallpaper lurus ke atas dinding dan tepat melintangi langit-langit rumah. 

Pilih wallpaper yang menarik untuk membuat ruangan terlihat menyenangkan. Selain itu, wallpaper juga membuat langit-langit rumah menjadi titik fokus di ruangan tersebut. 

Pasang papan kayu

Selain menampilkan motif dan warna yang menarik, langit-langit rumah juga bisa dihias dengan material alami seperti papan kayu. Material alami ini bisa memberikan sentuhan pedesaan yang cantik dan menenangkan. 

Papan kayu tersebut bisa dicat dengan warna alami seperti warna hijau bisa memberikan kesan nyaman. Padukan papan kayu berwarna hijau dengan dinding putih dan meja rotan untuk memperkaya kesan pedesaan yang nyaman. 

Baca juga: 5 Jenis Plafon Rumah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ciptakan plafon yang fungsional

Sama seperti bagian rumah lainnya, plafon juga bisa dibuat fungsional. Misalnya, dengan memasang kisi-kisi sudut baja tahan karat yang dapat dimanfaatkan untuk menyembunyikan lampu. 

Plafon model seperti ini cocok dipasang di kamar mandi. Selain indah, pencahayaan yang dipasang di balik plafon juga membuat kamar mandi lebih terang. 

Cat dengan warna yang kontras

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna biru tua dan plafon putihSHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna biru tua dan plafon putih

Cara mendekorasi langit-langit rumah lainnya yaitu dengan mengecat menggunakan warna yang kontras. 

Misalnya, mengecat langit-langit dapur dengan warna kuning tua. Warna ini akan terlihat kontras dengan lemari dapur sederhana dan dinding putih. 

Baca juga: 3 Warna Cat Plafon Rumah yang Harus Dihindari

Selain memberikan kesan kontras yang menarik, warna kuning tua juga bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan cerah. 

Itulah beberapa ide dekorasi langit-langit rumah yang bisa menjadi inspirasi. Tampilan plafon yang tak biasa membuat rumah semakin menarik dan cantik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com