Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2021, 17:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Langit-langit atau plafon rumah mewakili seperenam dari ruang di sebuah ruangan. Hampir seluruh plafon rumah dicat dengan warna putih.

Hal ini dianggap sebagai pilihan paling aman untuk warna cat plafon. Namun, sebenarnya, putih itu bukan satu-satunya warna yang bisa dipilih untuk plafon. 

Baca juga: Rangkaian Cara Menghilangkan Jamur dari Plafon Kamar Mandi

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (12/8/2021), saat memilih warna plafon pertimbangkan opsi mana yang paling sesuai dengan arsitektur, warna dinding, trimwork, dan furnitur.

Untuk membantu menentukan pilihan yang tepat, gunakan tips di bawah ini untuk memilih warna plafon yang Anda sukai. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Dapat Mempercantik Plafon Rumah 

Cara memilih warna cat plafon

Sebagai aturan umum, plafon yang warnanya lebih terang daripada dinding akan terasa lebih tinggi, sedangkan warna plafon yang lebih gelap akan membuat langit-langit terasa lebih rendah.

Namun, itu tidak berarti ruangan akan terasa sesak. Plafon yang diturunkan secara visual dapat membangkitkan perasaan nyaman dan intim. 

Saat memilih warna dinding, pertimbangkan sumber dan kekuatan cahaya yang diterima ruangan selama Anda paling sering menggunakannya.

Baca juga: 5 Material Terbaik untuk Plafon Kamar Tidur

Misalnya, pada siang hari, plafon berwarna pink atau biru yang memerah dapat menciptakan perasaan lapang. Pada malam hari, cahaya lilin dan cahaya lampu yang memantul pada langit-langit merah tomat akan menghasilkan cahaya yang kaya.

Lapisan cat plafon biasanya datar, tetapi cat satin dapat memberikan sedikit kilau reflektif, yang dapat membantu mencerahkan ruangan jika menggunakan warna yang lebih gelap.

Jika berencana menggunakan hasil akhir yang lebih mengkilap, ingatlah bahwa plafon harus dalam kondisi hampir sempurna karena cat yang lebih berkilau dapat menarik perhatian pada permukaan yang cacat. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Retakan pada Plafon 

Warna plafon putih 

Warna pada plafon dapat mempercantik karakter ruangan, tetapi hati-hati jika berlebihan. Untuk ruang tamu utama, jaga agar perawatan plafon tetap sederhana sehingga tidak memberi rasa bosan.

Untuk tampilan bersih dan sederhana, plafon putih sering kali menjadi pilihan terbaik untuk ruangan. Saat digunakan di atas kepala, warna putih cenderung menghilang sehingga perhatian Anda terfokus pada dinding dan furnitur. 

Baca juga: Kenapa Gipsum Sering Digunakan untuk Plafon Rumah?

Selain itu, plafon putih juga dapat mengimbangi warna dinding yang intens. Dinding berwarna berani dapat memberi ketajaman sehingga membuat plafon terasa lebih tinggi.

Mengecat plafon dengan warna putih akan lebih membuka ruang. Di ruangan yang menerima sedikit cahaya alami, langit-langit putih membantu meningkatkan pencahayaan dengan memantulkan cahaya apa pun yang tersedia. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Plafon Dengan Biaya Minim 

Warna plafon yang kontras 

Menerapkan warna kontras ke plafon dapat secara dramatis mengubah persepsi Anda tentang ruang. Ini seperti reflektor yang memantulkan cahaya ke dalam ruangan dan kualitas cahaya itu mempengaruhi karakter ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com