Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Desain Taman Sederhana, Bikin Rumah Lebih Cantik

Kompas.com - 05/03/2024, 18:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman adalah area luar rumah yang biasanya digunakan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. 

Di taman biasanya terdapat banyak tanaman dan ornamen dekorasi lain yang membuat rumah terlihat lebih menarik. 

Taman bisa membuat rumah terlihat lebih cantik dan segar. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, taman perlu didesain dengan apik. 

Baca juga: 4 Tren Taman yang Harus Dihindari di 2024, Ini Alasannya

Desain taman harus disesuaikan dengan bentuk, ukuran, hingga kondisi lingkungan setempat. Dilansir dari Ideal Home, Selasa (5/3/2024), berikut ini ide desain taman sederhana yang bisa membuat rumah terlihat lebih cantik. 

Taman dengan tanaman berwarna permata

Ilustrasi tanaman hias palem kentia di taman rumahShutterstock/Verra Widhi Ilustrasi tanaman hias palem kentia di taman rumah

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan saat membuat taman di rumah yaitu jenis tanaman yang akan dibudidayakan di taman tersebut. 

Setelah menentukan jenis tanaman, rencanakan juga palet warnanya. Skema warna yang tepat akan membuat taman terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Terbaik untuk Pemula yang Mudah Tumbuh

Chris Beardshaw, seorang desainer taman menyarankan untuk menggunakan tanaman berwarna permata karena bisa menciptakan taman yang menenangkan.

Perpaduan warna permata dengan daun hijau akan membuat taman terlihat semakin menarik. 

Tanam pohon berukuran besar

Selain menggunakan tanaman berwarna permata, ide desain taman lainnya yaitu menanam pohon yang memiliki tajuk besar. Tentu saja, saat baru ditanam ukuran pohon tidak langsung besar. 

Christina Cobb, desainer taman menyarankan untuk menanam pohon dari kecil dan membiarkan pohon tumbuh tinggi. Lakukan perawatan dengan benar agar pohon di taman bisa tumbuh tinggi dan membuat taman lebih teduh. 

Baca juga: 5 Pohon yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Halaman Rumah

Taman kerikil

Jika ingin membuat taman kering, maka disarankan untuk menggunakan banyak kerikil untuk mencegah pertumbuhan gulma. Kerikil yang minim perawatan juga bisa membuat taman terlihat lebih cantik. 

Kerikil bisa disebar di antara tanaman atau di pinggir jalan setapak. Jika ingin tampilan yang seragam, maka kerikil bisa dicat dengan warna tertentu atau sengaja pilih kerikil yang warnanya sama. 

Letakkan kursi dan meja di taman

Selain menjadi area budidaya tanaman, taman juga bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Maka dari itu, banyak pemilik rumah yang menempatkan kursi dan meja di taman. 

Jika meletakkan kursi dan meja di taman, maka pastikan kursi dan meja tersebut tetap bersih dan rapi. Apabila warna furnitur mulai pudar, sebaiknya cat ulang agar meja dan kursi kembali terlihat antik. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com