Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Taman yang Membuat Rumah Lebih Menarik

Kompas.com - 07/01/2024, 16:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Taman yang cantik akan membuat rumah terlihat lebih menarik. Penataan taman tak hanya memperhatikan tanaman yang dibudidayakan, namun juga mempertimbangkan lampu serta ornamen dekorasi lain.

Tak ada aturan khusus saat menata taman. Setiap pemilik rumah memiliki gaya tersendiri saat mendekorasi taman.

Terkadang, dekorasi taman disesuaikan dengan gaya rumah. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (7/1/2024), berikut ini ide dekorasi taman yang membuat rumah terlihat semakin menarik.

Baca juga: Cara Mengubah Halaman Belakang Rumah Menjadi Taman Bermain Anak

Pasang label tanaman yang cantik

taman cantik di rumahShutterstock/Paul Maguire taman cantik di rumah

Label tanaman dipasang untuk menandai tanaman yang ditanam di halaman rumah. Meski terkesan sederhana, label tanaman bisa memberikan tampilan berbeda.

Maka dari itu, buatlah label tanaman yang cantik dan menarik agar taman terlihat semakin cantik.

Patung hiasan

Ide dekorasi taman lainnya yang membuat tampilannya lebih menarik yaitu memasang patung hiasan. Patung ini akan menjadi titik fokus di taman dan membuat taman lebih menarik.

Patung hiasan yang diletakkan di taman tidak perlu terlalu besar. Patung-patung kecil juga bisa membuat taman lebih cantik.

Baca juga: 5 Bunga Berwarna Kuning yang Dapat Ditanam di Taman Rumah

Tangga sebagai dudukan tanaman

Jika memiliki tangga yang tidak digunakan, sebaiknya tidak dibuang. Tangga tersebut bisa dimanfaatkan sebagai dudukan tanaman.

Letakkan tangga sederhana di tengah taman dan cat dengan warna terang agar terlihat mencolok. Setelah itu, letakkan atau gantungkan pot berisi tanaman di tangga.

Letakkan furnitur luar ruangan

Di taman rumah, sebaiknya diletakkan furnitur berupa kursi dan meja sebagai tempat bersantai. Namun, pastikan kursi dan meja yang digunakan terbuat dari material khusus agar tidak mudah rusak saat terkena panas dan hujan.

Selain kursi dan meja, di taman yang luas juga bisa dipasang gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai bersama keluarga.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Furnitur Luar Ruangan Agar Tetap Awet

Pasang lampu yang elegan

Ilustrasi lampu taman, lampu di halaman rumah.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi lampu taman, lampu di halaman rumah.

Saat malam tiba, taman akan terlihat gelap. Maka dari itu, penting untuk meletakkan lampu di taman. Pasanglah lampu yang elegan dan cantik.

Lampu bisa dipasang di pinggir taman atau sepanjang jalan setapak agar saat malam tiba, taman tetap terlihat terang. Sementara itu, di siang hari lampu taman bisa menjadi ornamen dekorasi yang menarik.

Pasang gerbang taman warna-warni

Terakhir, ide dekorasi taman yaitu dengan memasang gerbang warna-warni. Pintu gerbang tak hanya berguna sebagai akses keluar-masuk taman, namun juga bisa membuat taman lebih menarik.

Gerbang dengan warna mencolok akan terlihat serasi dengan bunga dan tanaman yang ada di taman tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com