Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Rumput di Taman Rumah agar Tetap Rapi dan Estetik

Kompas.com - 02/09/2023, 20:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki taman dengan rumput berwarna hijau segar mungkin menjadi impian banyak orang. Selain membuat suasana lebih menyenangkan, Terkadang, rumput sengaja ditumbuhkan di taman rumah agar taman terlihat lebih asri. Selain itu, rumput hijau juga membuat taman lebih indah dan segar.

Namun, keindahan rumput perlu dijaga dengan rutin merawatnya. Pasalnya, saat rumput tidak rutin dirawat, maka rumput akan tumbuh tinggi dan menguning yang membuat tampilan taman kurang menarik.

Membuat rumput tetap sehat dan indah bukanlah hal yang sulit. Dilansir dari Ideal Home, Sabtu (2/9/2023), berikut tips merawat rumput di taman rumah.

Baca juga: Cara Merawat Rumput Halaman Rumah agar Lebih Hijau, Pakai Bawang Putih

Buang daun, gulma, dan lumut

Salah satu perawatan rumput yang perlu dilakukan yaitu membuang daun, gulma, dan lumut yang tumbuh di sekitar rumput taman. Selain membuat taman rumput lebih bersih, daun yang gugur juga perlu dibersihkan agar tidak membusuk dan merusak rumput.

Ilustrasi rumput, rumput halaman rumah. SHUTTERSTOCK/GOLDEN FAMILY FOTO Ilustrasi rumput, rumput halaman rumah.

Selain itu, gulma juga bisa inang bagi hama maupun penyakit yang bisa menyerang tanaman hias di sekitar taman tersebut. Untuk membersihkan gulma, Anda bisa menggunakan sabit.

Daun bisa dibersihkan menggunakan sapu dan membuang daun kering tersebut ke tempat sampah. Sedangkan lumut bisa dibersihkan dengan penggaruk.

Pangkas rumput

Selain membuang daun, gulma, dan lumut, rumput di taman juga perlu rutin dipangkas agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan mesin pemotong rumput untuk mempercepat pekerjaan.

Lalu, kumpulkan sampah hasil pangkasan tersebut. Anda bisa membuangnya di tempat sampah atau mengolahnya menjadi kompos.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merawat Rumput Pekarangan

Merapikan bagian tepi rumput

Terkadang mesin pemotong rumput tidak bisa menjangkau bagian tepi taman, terutama bagian rumput yang menempel di dinding atau pakar. Untuk merapikan bagian tersebut, Anda perlu menggunakan gunting kebun.

Perbaiki aliran drainase

Tips merawat rumput di taman rumah selanjutnya yaitu memperbaiki saluran drainase pada taman tersebut. Pastikan saluran pembuangan tidak tersumbat oleh tanah maupun benda lain.

Dengan demikian, saat hujan turun rumput tidak akan tergenang dan rumput bisa tumbuh dengan baik.

Tanami area yang kosong

Seiring berjalannya waktu, tak menutup kemungkinan ada bagian rumput yang mati, kering, atau rusak. Untuk menjaga estetika taman, maka area tersebut perlu dibersihkan dan ditanami benih rumput yang baru.

Baca juga: Cara Membersihkan Rumput Palsu

Cara penanamannya cukup mudah. Anda hanya perlu menggemburkan tanah di area tersebut dan taburkan benih rumput. Kemudian, siram agar benih cepat tumbuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com