Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pohon yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Halaman Rumah

Kompas.com - 16/10/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menanam pohon di halaman rumah akan membuat rumah lebih asri dan teduh. Selain itu, pepohonan juga bisa membuat udara lebih segar dan bersih.

Tak hanya itu, pohon yang berdaun rindang dengan bunga atau buah yang cantik bisa membuat tampilan rumah lebih menarik. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pohon cocok ditanam di halaman rumah.

Dilansir dari Southern Living, Senin (16/10/2023), berikut ini beberapa jenis pohon yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah.

Baca juga: 7 Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Halaman Rumah, Kenapa?

Mimosa

Salah satu jenis tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah yaitu mimosa. Tanaman ini sebenarnya memiliki bunga yang tampilannya cantik.

Tanaman mimosaShutterstock/Maximillian cabinet Tanaman mimosa

Namun kecantikan bunga mimosa tidak bertahan lama, hanya sekitar dua minggu saja. Setelah itu, bunga akan berubah menjadi biji potong berwarna coklat yang besar dan kurang menarik.

Alasan lain tanaman ini sebaiknya tidak ditanam di pekarangan rumah yaitu karena rawan serangga dan penyakit, lemah, berumur pendek, akarnya invasif, serta tidak menarik hampir sepanjang tahun.

Murbei putih

Murbei putih juga menjadi salah satu pohon yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. Sebab, buah murbei banyak disukai burung.

Baca juga: 5 Pohon yang Cepat Tumbuh untuk Meneduhkan Halaman Rumah

Kawanan burung akan hinggap di pohon tersebut dan membuang kotoran di sekitar tanaman. Kondisi ini bisa menyebabkan area di sekitar pohon murbei kotor dan kumuh.

Selain itu, tanaman murbei juga memiliki akar yang menjalar kemana saja, sehingga bisa merusak tanah atau bangunan yang ada disekitarnya. Tanaman murbei juga bisa menghasilkan serbuk sari dalam jumlah besar yang mengakibatkan alergi.

Pohon pir bradford

Tanaman lain yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah yaitu por bradford. Tanaman ini memiliki bunga beraroma busuk, sehingga membuat udara beraroma kurang nyaman.

Selain itu, penyerbukan silang dengan pir callery akan menghasilkan semak berduri yang bisa melukai kaki.

Hackberry

Pohon yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah lainnya yaitu hackberry. Tanaman ini memiliki kulit berwarna abu-abu perak.

Baca juga: 5 Pohon yang Cepat Tumbuh untuk Meneduhkan Halaman Rumah

Tanaman hackberryShutterstock/tamu1500 Tanaman hackberry

Buahnya kecil berwarna biru kehitaman yang banyak disukai burung. Tanaman hackberry sangat disukai kutu daun berbulu yang akan memakan daun dan meneteskan embun madu lengket.

Jamur jelaga akan tumbuh pada embun tersebut dan memunculkan warna hitam di bawah pohon.

Pohon maple perak

Tanaman maple perak memiliki tajuk yang besar, sehingga membuat area rumah menjadi teduh. Namun, akar tanaman ini bisa menyumbat saluran air dan merusak trotoar atau bangunan di sekitar rumah.

Tak hanya itu, cabang tanaman besar ini juga mudah tumbang, sehingga membahayakan keselamatan.

Baca juga: 5 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Area Pintu Masuk Rumah

Itulah beberapa pohon yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. Meskipun bisa membuat halaman rumah lebih teduh, pohon-pohon tersebut ternyata bisa merusak rumah maupun bangunan di sekitar rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com