Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengubah Halaman Belakang Rumah Menjadi Taman Bermain Anak

Kompas.com - 27/12/2023, 18:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Halaman belakang rumah adalah lahan kosong yang sengaja disisakan untuk berbagai keperluan. Biasanya, halaman belakang digunakan untuk berkebun atau area bersantai di luar rumah.

Jika tinggal bersama anak-anak, maka halaman belakang bisa dimanfaatkan sebagai area bermain anak. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar halaman belakang yang aman dan nyaman untuk bermain.

Baca juga: 5 Cara Menata Halaman Belakang Rumah agar Nyaman dan Menarik

Dikutip dari Tilly Design, Rabu (27/12/2023), berikut cara mengubah halaman belakang rumah menjadi taman bermain anak.

Letakkan kursi dan meja luar ruangan

Ilustrasi taman belakang rumah, halaman belakang rumah.SHUTTERSTOCK/HANNAMARIAH Ilustrasi taman belakang rumah, halaman belakang rumah.

Tak ada salahnya untuk menempatkan kursi dan meja di luar ruangan. Tak hanya untuk digunakan untuk duduk santai, meja dan kursi juga bisa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain dan belajar.

Di dekat meja dan kursi tersebut, sebaiknya tempatkan rak untuk menyimpan perlengkapan menggambar seperti buku gambar, krayon, pensil, warna, dan cat lukis. Harapannya, anak-anak bisa belajar dan bermain dengan nyaman di halaman belakang rumah.

Baca juga: 6 Tips Menata Halaman Belakang Kecil agar Nyaman dan Sedap Dipandang

Buat taman sensorik

Cara mengubah halaman belakang rumah menjadi taman bermain anak yaitu membuat taman sensorik. Tujuan dari taman sensorik yaitu untuk menstimulasi panca indra anak.

Contoh taman sensorik yaitu menanam tanaman bunga yang warna-warni dan beraroma harum. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan lonceng angin atau air mancur untuk memicu kemampuan pendengaran anak.

Mendekorasi taman seperti pesisir pantai

Mendesain taman seperti pesisir pantai juga bisa membuat anak-anak betah bermain di halaman belakang rumah.

Untuk membuat area belakang rumah seperti di pantai, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memilih area taman yang rata dan berdrainase baik.

Selanjutnya, letakkan kotak pasir dan isi dengan pasir halus seperti pasir pantai. Tambahkan beberapa mainan agar anak bisa bermain dengan leluasa.

Baca juga: 6 Posisi Terbaik Meletakkan Gazebo di Halaman Belakang Rumah

Tambahkan ayunan

Menambahkan ayunan di halaman rumah juga bisa membuat anak-anak nyaman dan senang saat bermain di area tersebut.

Selain itu, ayunan juga membuat anak beraktivitas fisik, sehingga lebih sehat. Namun, pastikan untuk meletakkan ayunan di area yang aman dan terlindungi agar anak-anak aman saat bermain ayunan.

Buat sudut baca

taman bermain anak di halaman rumahShutterstock/Prostock-studio taman bermain anak di halaman rumah

Jika anak-anak suka membaca, tak ada salahnya untuk membuat sudut baca. Dengan demikian, anak bisa membaca buku kesukaannya di taman.

Sudut baca bisa dibuat di teras belakang rumah atau dengan membuat gazebo dan lengkapi dengan rak buku serta karpet yang nyaman.

Baca juga: 3 Ide Dekorasi Sudut Ruang Baca yang Nyaman dan Menarik

Tanami sayuran

Terakhir, cara mengubah halaman belakang rumah menjadi taman bermain anak yaitu menanam sayuran di halaman belakang rumah.

Tak hanya membuat halaman kosong menjadi ruang produktif, menanam sayur juga bisa menjadi media belajar untuk anak-anak.

Libatkan anak-anak saat menanam, merawat, dan memanen sayuran agar anak bisa belajar seputar sayuran dan lebih menghargai makanan yang disajikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com