Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Halaman Belakang Rumah Terasa Lebih Nyaman

Kompas.com - 30/04/2022, 15:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHalaman belakang rumah kerap menjadi tempat untuk bersantai, baik oleh anggota keluarga maupun saudara atau sahabat yang tengah berkunjung.

Untuk itu, memiliki halaman belakang yang terasa nyaman sangatlah penting guna memberi dampak positif pada suasana hati.

Baca juga: 6 Tips Menanam Durian di Halaman Belakang Rumah

Selain itu, halaman belakang yang terasa nyaman sekaligus terlihat rapi dan menarik dapat menjadi nilai tambah ketika kamu memutuskan untuk menjual rumah.

Dikutip dari My Decorative, Sabtu (30/4/2022), ada beberapa cara untuk membuat halaman belakang rumah terasa lebih nyaman. Apa saja?

1. Hadirkan bunga

Ilustrasi bunga dahlia. Unsplash/imagesbykayla Ilustrasi bunga dahlia.

Jika belum ada bunga, kamu bisa tambahkan mereka ke halaman belakang untuk menambahkan sentuhan warna. Untuk halaman yang sudah tidak memiliki tanah kosong, taruh bunga di dalam pot atau bak tanaman.

2. Bangun lubang api

Lubang api (fire pit) sering berfungsi sebagai titik fokus di halaman belakang, khususnya untuk halaman yang telah dijadikan sebagai area duduk.

Untuk membangun lubang api, kamu tidak perlu merogoh kocek cukup dalam. Sebab, ada lubang api portabel yang bisa kamu dapatkan dari situs jual beli daring.

Harganya bervariasi tergantung ukurannya. Namun, rata-rata harga lubang api berada pada kisaran Rp 500.000-Rp 2 juta.

Baca juga: 4 Cara Simpel Mendekorasi Halaman Belakang Rumah

Kamu dapat membandingkan harga untuk melihat mana yang paling murah, apakah membuat lubang api sendiri menggunakan material bangunan atau membeli lubang api portabel.

Jika ingin membangunnya, pastikan lubang api terletak cukup jauh dari bangunan rumah, pagar, dan cabang pohon yang menggantung rendah guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com