Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pohon Berdaun Pink yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Kompas.com - 22/02/2022, 15:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menanam pohon di halaman rumah dapat menambah daya tarik hunian serta memberi keteduhan untuk bersantai. 

Namun, pohon-pohon yang ditanam di halaman rumah tidak harus selalu berwarna hijau. Untuk membuat tampilan rumah Anda berbeda dari rumah lainnya, Anda bisa menanam pohon berdaun merah muda atau pink. 

Dikutip dari Gardening Know How, Selasa (22/2/2022), setidaknya ada tiga pohon indah berdaun merah muda atau pink yang dapat ditanam di halaman rumah seperti berikut. 

Baca juga: 8 Hal yang Dapat Menyebabkan Daun Pohon Lemon Rontok

Ceri Jepang

Ilustrasi pohon - Pohon Ceri Jepang (Prunus serrulata).SHUTTERSTOCK / alfotokunst Ilustrasi pohon - Pohon Ceri Jepang (Prunus serrulata).

Pohon ceri Jepang (Prunus serrulata) memiliki tinggi tidak lebih dari delapan meter. Untuk menampilkan bunga ganda, pilih varietas Shirotae atau Mount Fuji.

Sementara itu, untuk menampilkan pohon yang dedaunannya menjuntai ke bawah, pilih varietas Higan Cherry (Prunus subhirtella ‘Pendula’).

Varietas ini ukurannya lebih besar dari ceri Jepang dan cocok ditanam di halaman rumah yang besar.

Baca juga: Ingin Menanam Kopi di Rumah? Perhatikan Pohon Naungannya

Flowering dogwood

Pohon, yang juga dikenal dengan Cornus florida, ini berasal dari timur Amerika Serikat dan memiliki beragam pilihan warna, salah satunya merah muda.

Pohon flowering dogwood berukuran sedang dan tumbuh di tempat teduh. Bunganya akan mekar pada awal musim semi dan pohon ini mampu tinggi mencapai 13 meter. 

Baca juga: 5 Pohon yang Cepat Tumbuh untuk Meneduhkan Halaman Rumah 

Magnolia

Ilustrasi bunga magnoliaUnsplash/Danielle Comer Ilustrasi bunga magnolia

Magnolia adalah pohon yang terkenal memiliki bunga berwarna putih dan berkilau. Namun, ada juga yang menumbuhkan bunga berwarna merah muda.

Pohon tersebut memiliki banyak spesies, termasuk pohon berukuran lebih kecil, lebih tinggi, bahkan ada yang termasuk tumbuhan gugur atau tumbuhan peluruh (deciduous tree).

Baca juga: Penyebab Bunga Hortensia Gagal Mekar dan Tips Merawatnya

Dikutip dari The Spruce, tumbuhan peluruh adalah tumbuhan yang menggugurkan daunnya pada akhir musim tanam. Mereka sangat kontras dengan pepohonan yang selalu berwarna hijau.

Untuk pohon magnolia yang menampilkan bunga berwarna merah muda pada musim semi, kamu dapat memilih varietas Rubra (Magnolia stellata ‘Rubra’).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com