Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2024, 14:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dehumidifier adalah perlengkapan rumah yang dapat menghilangkan kelembapan di udara. Dengan menggunakan dehumidifier, maka rumah akan terasa lebih nyaman. 

Selain digunakan untuk menurunkan kelembapan, dehumidifier juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian di dalam ruangan. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Dehumidifier

Untuk menjaga agar alat elektronik tersebut tetap berfungsi dengan baik, maka dehumidifier perlu dibersihkan. 

Cara membersihkan dehumidifier tidak sulit. Dilansir dari Woman and Home, Selasa (5/2/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Alat dan bahan yang diperlukan

Ilustrasi membersihkan rumah atau alat pembersih rumah.Shutterstock/Anna Puzatykh Ilustrasi membersihkan rumah atau alat pembersih rumah.

  • Air sabun hangat
  • Kain mikrofier bersih
  • Penyedot debu (opsional)
  • Sikat gigi bekas (opsional)
  • Cuka putih (opsional)
  • Obeng

Baca juga: 7 Alat Pembersih yang Wajib Dimiliki di Rumah

Cabut saklar listrik

Sebelum dibersihkan, saklar listrik di dehumidifier perlu dicabut terlebih dahulu agar lebih aman.

Selain berguna untuk menjaga keamanan, mencabut saklar listrik juga bertujuan untuk mencegah kerusakan pada dehumidifier. 

Kosongkan dan bersihkan tempat penampung air

Cara membersihkan dehumidifier lainnya yaitu mengosongkan dan membersihkan tempat penampung air. Setelah itu, penampung air perlu direndam dalam air sabun hangat untuk menghilangkan penumpukan kerak atau bakteri dari partikel udara. 

Ivan Ivanov dari End of Tenancy Cleaning, menyarankan untuk menggunakan kain mikrofiber yang diberi sedikit sabun cuci piring untuk menyeka penampung air. Dengan cara ini, maka penumpukan jamur bisa hilang, sehingga dehumidifier lebih bersih. 

Baca juga: Seberapa Besar Ukuran Dehumidifier yang Dibutuhkan Ruangan?

Membersihkan filter dehumidifier

Cara membersihkan filter dehumidifier berbeda-beda tergantung pada modelnya. Tujuan membersihkan filter dehumidifier yaitu untuk menghilangkan debu dan kotoran dari semua komponen untuk memastikan udara mengalir bebas. 

Chris Michael, direktur pelaksana dan salah satu pendiri Meaco, mengatakan bahwa cara membersihkan filter udara cukup dengan menyedot debu menggunakan vacuum cleaning dengan daya hisap yang tidak terlalu kuat. 

Selain menggunakan vacuum cleaner, filter udara juga bisa dibersihkan menggunakan kain lembap dan air sabun hangat. Namun, pastikan suhu air tidak lebih dari 40 derajat Celcius. 

Setelah semua debu terangkat, keringkaan filter dehumidifier dengan handuk sebelum memasukkannya kembali ke dalam dehumidifier. 

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Filter Dehumidifier? Ketahui 5 Faktor Ini

Sementara itu, Ivan mengatakan jika filternya sangat halus, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian filter yang sulit terjangkau. 

Perlu dipahami bahwa jika dehumidifier memiliki kegunaan ganda sebagai pembersih udara, maka kemungkinan besar dehumidifier memiliki filter HEPA. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com