Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2024, 21:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan dapur menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang harus dimiliki. Peralatan dapur fungsional bisa mempermudah pekerjaan di rumah. 

Sama halnya dengan perlengkapan rumah tangga lainnya, tren peralatan dapur juga selalu mengalami perubahan. 

Baca juga: 6 Peralatan Dapur yang Paling Mudah Dibersihkan, Apa Saja?

Di tahun ini, ada beberapa peralatan dapur yang diprediksi akan populer. Dilansir dari Women and Home, Senin (4/3/2024), berikut ini tren peralatan dapur 2024 yang fungsional. 

Oven hemat energi dan ruang

Ilustrasi oven toaster, toaster oven. SHUTTERSTOCK/ENJOY THE LIFE Ilustrasi oven toaster, toaster oven.

Oven sebenarnya bukan jenis peralatan dapur baru. Oven sudah ada sejak lama. Namun, saat ini jenis oven sudah semakin beragam dengan berbagai fitur yang lebih canggih. 

Salah satu fitur yang dimiliki oven modern yaitu fitur hemat energi dan hemat ruang. Oven hemat energi dan ruang banyak disukai karena tidak membuat tagihan listrik membengkak dan tidak memakan banyak ruang. 

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Lemon Anti Ribet

Oven uap

Tren peralatan dapur 2024 lainnya yaitu oven uap. Popularitas alat masak ini semakin meningkat seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat. 

Banyak orang yang ingin menikmati makanan sehat yang diolah dengan menggunakan metode uap. Richard Davonport, direktur pelaksana di Davonport, mengatakan bahwa ada  perubahan perilaku konsumen dari yang awalnya menggunakan microwave konvensional menjadi menggunakan oven uap. 

Oven uap memang membuat memasak lebih lama, namun makanan yang dihasilkan akan lebih enak dan nutrisinya tetap terjaga. 

Baca juga: 6 Bahan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Oven Toaster, Apa Saja?

Cafe core

Minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Hal ini jugalah yang membuat tren cafe core di dapur rumah meningkat. 

Menurut laporan dari Pinterest Predicts, di tahun 2024, kedai kopi di rumah menjadi cara baru untuk membuat kopi sendiri. Boomer dan Gen X bahkan menghadirkan nuansa kedai kopi di dalam rumah. 

Kenyamanan minum kopi di rumah membuat banyak pemilik rumah membuat ruang khusus untuk meletakkan mesin kopi dan perlengkapan kafe lainnya. 

Baca juga: Tips Hadirkan Nuansa Kafe ke Dalam Ruang Makan

Perlengkapan dapur dengan teknologi canggih

Ilustrasi peralatan dapur. Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi peralatan dapur.

Saat ini, banyak orang mencari perlengkapan dapur yang dilengkapi dengan teknologi canggih karena bisa mempermudah pekerjaan. Misalnya, kulkas yang bisa memberi tahu barang-barang yang disimpan didalamnya. 

Selain itu, ada juga oven yang bisa menyesuaikan daya secara otomatis, sehingga makanan yang dimasak menggunakan alat ini akan matang dengan sempurna. 

Peralatan dapur yang berkualitas

Saat ini, banyak pemilik rumah yang menyukai barang-barang berkualitas dan tahan lama, dibandingkan peralatan yang mudah rusak. 

Baca juga: 10 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Ditaruh di Meja Dapur

Menggunakan peralatan dapur berkualitas juga bisa menjadi investasi karena tidak mengharuskan membeli barang-barang baru di kemudian hari. 

Meski harganya relatif mahal, membeli peralatan dapur yang berkualitas lebih hemat dibandingkan membeli barang yang murah, namun mudah rusak. 

Itulah beberapa tren peralatan dapur 2024. Selain mengikuti tren, peralatan dapur juga harus disesuaikan dengan kebutuhan agar lebih fungsional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com