Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Oven Toaster, Apa Saja?

Kompas.com - 13/05/2023, 12:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti namanya, oven toaster atau toaster oven tidak hanya untuk membuat roti panggang. Oven toaster juga bisa digunakan untuk memasak segala macam makanan, mulai dari menu sarapan hingga hidangan penutup.

Dikutip dari Eating Well, Sabtu (13/5/2023), oven toaster pada dasarnya adalah oven kecil.

Apa pun yang Anda masak atau panggang dalam oven toaster akan baik-baik saja, dengan tambahan kenyamanan berupa sesuatu yang kecil yang dapat memanas dengan cukup cepat, kata John Savoia, dari Kitchenwitch di Massachusetts, AS.

Baca juga: Catat, Ini 6 Cara Mencegah Kebakaran Oven

Ilustrasi oven toaster, toaster oven. SHUTTERSTOCK/LUIS ECHEVERRI URREA Ilustrasi oven toaster, toaster oven.

Saat ditanya apa yang tidak boleh dimasukkan ke dalam oven toaster, Lois DeWitt, penulis Pop It in the Toaster Oven mengatakan, hampir semua makanan bisa dipanggang dengan sempurna di oven toaster.

DeWitt menjelaskan bahwa perbedaan utama antara memanggang dalam oven tradisional dan oven toaster adalah ukuran porsi, jenis alat pembuat roti yang dapat Anda gunakan, suhu, dan kedekatan dengan elemen pemanggang.

Namun ada beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan untuk menghindari makanan yang dimasak dengan buruk dan potensi gosong.

Makanan gosong di dalam oven toaster biasanya disebabkan oleh makanan yang diletakkan terlalu dekat dengan elemen pemanas, tidak terkandung dengan benar atau menggunakan suhu yang terlalu tinggi untuk dipanggang atau dipanaskan kembali, tutur DeWitt.

Baca juga: 5 Fitur yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Oven Baru

Berikut beberapa bahan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam oven toaster. 

1. Makanan berlemak atau berminyak

Menurut Paul Hope, reporter senior peralatan rumah tangga di Consumer Reports, hal nomor satu yang harus dihindari adalah makanan berlemak atau berminyak yang berisiko menetes. Karena beberapa oven toaster memiliki elemen pemanas yang terbuka, hal itu dapat menyebabkan gosong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com