Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2022, 19:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian saat musim hujan bisa menjadi tugas yang menantang. Sementara pengeringan dengan mesin menawarkan hasil yang cepat, namun banyak orang bertanya apakah dehumidifier bagus untuk mengeringkan pakaian sebagai alternatif yang hemat biaya.

Dilansir Woman and Home, Rabu (28/12/2022) para ahli menjelaskan mengapa berinvestasi pada dehumidifier adalah cara yang praktis dan hemat energi untuk mempercepat proses pengeringan pakaian di musim hujan ini.

Kabar baiknya adalah dehumidifier dapat menjadi investasi praktis sebagai cara yang ekonomis untuk menghilangkan kelembapan berlebih dan membantu saat mencuci seprai dan pakaian.

Baca juga: Air Purifier dan Dehumidifier, Mana yang Lebih Bagus Digunakan?

Ilustrasi menjemur pakaian di dalam ruangan. FREEPIK/COOKIE_STUDIO Ilustrasi menjemur pakaian di dalam ruangan.

Apakah dehumidifier bagus untuk mengeringkan pakaian? 

Menggunakan dehumidifier adalah cara yang sangat baik untuk membantu mengeringkan pakaian, karena dehumidifier mengekstrak kelembapan dari udara, dan saat udara menjadi kurang lembap, hal ini akan mempercepat proses penguapan pada pakaian lembap Anda, kata Chloe King, manajer Duux, salah satu merek dehumidifier. 

Jadi, secara singkat dehumidifier dapat mengeringkan pakaian karena akan menghilangkan kelembapan yang meningkat dari cucian basah.

Sebab, saat mengeringkan pakaian lembap di dalam rumah, terutama di permukaan yang hangat, tindakan tersebut akan menambah kelembapan yang terperangkap yang kemudian tertinggal di udara.

Dehumidifier tidak hanya baik untuk mengeringkan pakaian sebagai ukuran penghematan energi dan menekan biaya, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara di rumah, mencegah kondensasi pada jendela, dan mengatasi serta mencegah jamur hitam yang lebih mungkin terjadi. terjadi akibat kelembapan yang disebabkan saat mengeringkan cucian di dalam ruangan.

Baca juga: Sering Terbalik, Ini Perbedaan Humidifier dan Dehumidifier

Untuk memanfaatkan penggunaan dehumidifier saat mengeringkan pakaian di dalam ruangan, para ahli membagikan beberapa tips terbaik untuk memaksimalkan efisiensi, seperti berikut ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com