Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Desain Taman Rumah yang Bakal Populer di 2024

Kompas.com - 27/01/2024, 21:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Taman rumah yang rapi membuat rumah terasa lebih asri dan cantik. Sama seperti desain interior rumah, desain taman juga mengalami perubahan tren setiap tahunnya.

Tren desain taman terkini dinilai lebih berani dengan penggunaan tanaman yang lebih beragam. Tak hanya itu, tren taman saat ini juga dibuat sangat alami, sehingga memungkinkan satwa liar untuk hidup di area tersebut.

Baca juga: 5 Bunga Berwarna Kuning yang Dapat Ditanam di Taman Rumah

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (27/1/2024), berikut ini tren desain taman rumah yang akan populer di tahun ini.

Taman dipenuhi bunga hydrangea

bunga hydrangeapixabay.com bunga hydrangea

Hydrangea menjadi salah satu bunga yang banyak digunakan untuk menghias taman. Bunga ini memiliki kelopak cantik dengan warna beragam mulai dari merah muda, biru, ungu, putih, dan hijau.

Tanaman ini akan membuat taman terlihat lebih menarik. Hydrangea cocok ditanam di tanah subur dengan drainase baik.

Untuk membuat tanaman hydrangea tumbuh subur, jangan lupa melakukan penyiraman setiap hari, terutama saat musim kemarau.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Menanam Hydrangea yang Harus Dihindari

Tanam bunga asli

Hannah Rowson, pakar berkebun di J. Parker’s mengatakan bahwa di tahun ini taman rumah lebih mengutamakan kesan alami. Tren taman terkini berfokus pada penamaan tanaman asli untuk menciptakan tampilan alami.

Tanaman asli tak hanya membuat suasana lebih asri, namun bisa meningkatkan keanekaragaman hayati dan mendukung habitat satwa liar.

Hadirkan suasana gotik

Tren taman 2024 lainnya yaitu menghadirkan suasana gotik yang menarik dan unik. Untuk menghadirkan suasana gotik bisa dengan menanam tanaman berdaun gelap, bunga berwarna merah, dan tanaman dengan kulit kayu mengelupas.

Biarkan tanaman sedikit berantakan agar kesan gotik semakin kental. Tanaman layu dan bunga mekar yang memudar juga membuat taman terasa semakin dramatis.

Baca juga: Tips Merawat Rumput di Taman Rumah agar Tetap Rapi dan Estetik

Taman gantung

Ilustrasi tanaman hias, tanaman bunga di pot gantung. SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES Ilustrasi tanaman hias, tanaman bunga di pot gantung.

Taman gantung juga diprediksi akan menjadi tren di tahun ini. Taman gantung bisa diterapkan di area yang sempit karena hemat ruang.

Taman gantung bisa dibuat dengan cara menanam tanaman di pot gantung atau menanam tanaman dengan sistem vertikultur. Tanaman gantung relatif mudah dirawat, sehingga tidak merepotkan.

Baca juga: 7 Tanaman Gantung yang Tumbuh Subur dengan Cahaya Minim di Dalam Rumah

Taman zen minimalis

Terakhir, tren desain taman rumah yang akan populer di 2024 lainnya yaitu taman zen minimalis. Taman zen bisa membangkitkan rasa tenang dan cocok untuk lingkungan perkotaan.

Ciri taman zen yaitu banyak menggunakan material pasir, kerikil, dan bebatuan. Sementara itu, tanaman yang dibudidayakan yaitu tanaman pendek dan mudah menyebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com