Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2024, 18:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pengering pakaian adalah alat elektronik rumah tangga yang digunakan untuk mengeringkan pakaian dengan lebih mudah dan praktis.

Mesin pengering akan mengeringkan pakaian menggunakan udara panas dan gerakan berjatuhan untuk menguapkan air dari pakaian, kemudian membuang udara lembap lewat filter serat.

Baca juga: 4 Mitos Seputar Mesin Pengering Pakaian yang Tak Perlu Lagi Dipercaya

Saat ini, merek mesin pengering pakaian sangat beragam. Maka dari itu, sebelum membeli mesin pengering, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (27/1/2024), berikut ini tips memilih mesin pengering pakaian dengan tepat.

Pertimbangkaan sumber energinya

ilustrasi mengeringkan pakaianShutterstock/brizmaker ilustrasi mengeringkan pakaian

Sumber energi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat membeli mesin pengering pakaian. Berdasarkan sumber energinya, mesin pengering ada dua jenis yaitu pengering gas dan listrik.

Pengering gas membutuhkan sambungan gas. Pengering gas lebih mahal dibandingkan pengering listrik, namun dalam penggunaannya mesin pengering gas lebih hemat dibandingkan pengering dari listrik.

Baca juga: Perlukah Memiliki Mesin Pengering Pakaian di Rumah?

Sementara itu, mesin pengering listrik harganya lebih murah, namun biaya operasionalnya lebih mahal dibandingkan mesin pengering dari gas.

Perhatikan kontrol dan siklus mesin pengering

Tips memilih mesin pengering pakaian lainnya yaitu perhatikan kontrol dan siklus mesin pengering tersebut. Mesin pengering pakaian kelas atas biasanya dilengkapi dengan papan sentuh elektronik atau kontrol layar sentuh yang mudah dioperasikan.

Sedangkan, mesin pengering dasar harus menggunakan kontrol putar mekanis. Meski demikian, kedua tipe mesin pengering tersebut sama-sama memiliki siklus dan siklus yang mudah dibaca dan dioperasikan.

Baca juga: Penting, Begini Cara Memperpanjang Masa Pakai Mesin Cuci

Sistem pengeringan

Sistem pengeringan di setiap mesin pengering berbeda. Setidaknya ada tiga jenis sistem pengeringan yaitu pengeringan berwaktu, otomatis, dan sensor kelembapan.

Pengeringan berwaktu memiliki tombol untuk mengatur durasi pengering pakaian dan mesin akan berhenti beroperasi setelah waktu selesai. Sementara itu, pengeringan otomatis bisa mengeringkan pakaian setelah mencapai suhu dan tingkat kelembapan tertentu.

Sedangkan pengeringan dengan sensor kelembapan memiliki sensor elektronik yang bisa menentukan tingkat kelembapan pakaian, sehingga bisa menentukan durasi pengeringan.

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Menggunakan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Kapasitas mesin

Tips memilih mesin pengering pakaian selanjutnya yaitu memperhatikan kapasitas mesin. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pakaian yang bisa dikeringkan dalam waktu bersamaan.

Sebaiknya, sesuaikan kapasitas mesin pengering dengan kebutuhan dan kebiasaan mencuci. Jika terbiasa mencuci pakaian dalam jumlah besar, maka dianjurkan untuk memilih mesin pengering pakaian berkapasitas besar, begitupun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com