Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengecat Ruangan dengan Warna Putih

Kompas.com - 06/10/2022, 13:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat putih dapat memberikan efek berbeda pada ruangan selain membuat lebih luas dan cerah.

Cat putih dapat mengatur nada desain ruang dengan halus. Bersama dengan pencahayaan, aksen, furnitur, dan karya seni, cat putih memberikan rasa nyaman hingga minimalis yang cemerlang. 

Baca juga: Ragam Penyebab Cat Putih Menguning dan Cara Mengatasinya

Desainer interior dan konsultan warna yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Martin Kesselman, mengatakan cat merupakan cara bagus mengubah ruangan dengan anggaran terbatas.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat mengecat ruangan dengan warna putih seperti dilansir dari Architectural Digest, Kamis (6/10/2022). 

Memilih cat putih yang terlalu terang

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.
Satu-satunya peringatan saat memilih cat putih adalah hindari memilih warna putih yang sangat bersih karena dapat memperlihatkan ketidaksempurnaan pada dinding. 

Mikel Welch, desainer interior dan bintang HGTV, menyarankan memilih cat putih pucat untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan pada dinding. 

Baca juga: 7 Warna Cat yang Cocok untuk Ruangan Gelap Selain Putih 

Hindari menggunakan cat putih yang sama dengan plafon 

Di banyak ruang tradisional, Anda akan melihat pola yang familiar, yakni dinding putih yang dipasangkan dengan trim putih cerah, plafon, dan pintu putih.

Kesselman sering menggunakan warna yang sama untuk dinding, trim, dan plafon ruangan, tetapi dengan mengandalkan kombinasi sedikit variasi dalam hasil yang kemilau dan elemen arsitektur lainnya di ruangan untuk menciptakan titik kontras serta minat visual. 

Baca juga: 4 Penyebab Cat Dinding Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Baik bertahan dengan pendekatan lebih tradisional maupun mempertimbangkan  menggunakan monokromatik, ingatlah bahwa plafon, dinding, dan trim harus dicat dengan hasil akhir berbeda.

Finishing datar paling umum pada dinding karena mampu menutupi ketidaksempurnaan dinding,” jelas Kesselman.

Dari sana, ia merekomendasikan finishing matte untuk plafon dan satin atau semi-gloss untuk fitur trim apa pun. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Cat Dinding Eksterior Rumah Tahan Lama 

Investasikan pada roller dan kuas

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi pencahayaan di ruang keluargaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi pencahayaan di ruang keluarga
Beli alat cat berkualitas untuk mengaplikasikan cat dengan baik dan merata. Jangan membeli roller murah karena biasanya meninggalkan bulu halus dan serat pada permukaan dinding saat mengaplikasikan cat.

Untuk hasil baik, cuci rol dan kuas (dan biarkan mengering) sebelum mencelupkan ke primer guna memastikannya bebas dari debu dan serat lepas. 

Tidak membersihkan permukaan yang akan dicat

Debu drywall, serbuk gergaji, dan debu rumah biasa semuanya dapat menyebar dengan mudah di dalam rumah sehingga menciptakan tekstur tidak sedap dipandang di bawah cat. Jadi, bersihkan terlebih dahulu permukaan yang akan dicat. 

Baca juga: 14 Penyebab Cat Dinding Mengelupas meski Baru Diaplikasikan 

Oleskan satu lapis primer dan dua lapis cat

Namun, sebelum mengaplikasikan cat putih ke dinding, jangan lupa gunakan primer lebih dulu. Penggunaan primer terkadang sering kali terlupakan saat proses pengecatan, padahal ini adalah proses penting.

“Jika tidak, Anda akan melihat ketidaksempurnaan dalam hasilnya seperti gelembung di dinding. Apabila tidak mengatasinya dengan dua lapis cat, ini akan terlihat, apalagi cat putih," ujar Kesselman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com