Kompas.com - 12/10/2021, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mencuci pakaian, terkadang ada beberapa pakaian yang mengalami penyusutan atau melar meski sudah mengikuti aturan mencuci pakaian dengan baik. 

Pakaian yang melar saat dicuci disebabkan perbedaan jenis serat dan teknik pembuatan pakaian.  

Baca juga: Apakah Harus Selalu Menggunakan Pelembut Saat Mencuci Pakaian?

Setiap jenis serat pakaian memiliki reaksi berbeda saat dicuci. Serat alam (wol, kapas, dan bambu) mengalami peregangan lebih banyak dibanding serat buatan seperti poliester, akrilik, juga nilon. 

Sementara itu, pakaian dengan tenunan kain longgar meregang lebih banyak dibanding tenunan yang lebih ketat.

Namun, tenunan yang longgar juga akan lebih mengencang atau menyusut jika terkena air, panas, dan agitasi daripada tenunan yang kokoh. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Hitam agar Warnanya Tidak Memudar

Untungnya, permasalahan pakaian yang menyusut dan melar ini dapat diatasi menggunakan teknik mencuci pakaian yang tepat.

Meski begitu, hampir semua pakaian akan mengalami penyusutan atau melar karena keausan kain. Lantas, bagaimana mencegah pakaian menyusut atau melar saat dicuci? 

Melansir dari The Spruce, Selasa (12/10/2021), berikut ini cara mencegah pakaian menyusut dan melar saat mencuci pakaian. 

Baca juga: Apakah Harus Mencuci Pakaian dan Seprai yang Baru Dibeli?

Baca label mencuci pakaian

Langkah pertama mencegah pakaian menyusut dan melar saat dicuci adalah mempelajari cara merawat pakaian. Ikuti panduan yang ada pada label pakaian seperti mencuci dengan air atau dry cleaning, suhu air, jenis siklus cucian, dan rekomendasi siklus pengering.

Gunakan air dingin

Meski tidak akan mencegah pakaian menyusut, menggunakan air dingin saat mencuci pakaian  setidaknya dapat mengurangi kerusakan kain daripada menggunakan air panas. 

Baca juga: 7 Benda Ini Bisa Membantu Anda Mencuci Pakaian hingga Bersih

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.