Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Paskah yang Cantik dan Meriah

Kompas.com - 18/03/2024, 18:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Paskah tinggal hitungan hari. Sama seperti Natal, Paskah juga menjadi hari yang ditunggu umat Kristiani di seluruh dunia. 

Selain beribadah, Paskah juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu, saat Paskah tiba, banyak keluarga yang berdatangan ke rumah.

Baca juga: Tak Selalu Telur, 8 Bunga Ini Cocok Digunakan untuk Dekorasi Paskah

Untuk membuat Paskah terasa semakin meriah dan membahagiakan, tak ada salahnya mendekorasi rumah dengan ornamen dekorasi bertemakan Paskah. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (18/3/2024), berikut ide dekorasi Paskah yang bisa menjadi inspirasi.

Menghias rumah dengan bunga potong

Ilustrasi bunga potong Ilustrasi bunga potong

Salah satu cara membuat rumah terasa lebih segar saat Paskah yaitu dengan mendekorasi rumah menggunakan bunga potong. Letakkan bunga potong di dalam vas, botol, dan stoples. 

Baca juga: 4 Bunga Potong Ini Tahan Lama, Cocok untuk Dekorasi Rumah

Lalu, tata dengan rapi dan cantik. Saat menyusun bunga potong, sesuaikan dengan wadahnya dan seimbangkan tinggi dan lebar dari bunga tersebut agar terlihat serasi. 

Bunga potong yang sudah disusun bisa ditempatkan di atas meja makan maupun area lain di dalam rumah. 

Hiasi meja dengan warna-warna pastel

Ide dekorasi Paskah lainnya yaitu menghias meja dengan warna-warna pastel. Alexandra Azat, pendiri Plaster & Patina, menyarankan untuk menggunakan tema hiasan Paskah yang ringan, cerah, dan bahagia.

Sementara itu, Kathy Kuo seorang desainer interior, menyarankan untuk menggunakan peralatan makan berwarna pastel agar memberikan kesan cantik dan nyaman saat Paskah. 

Baca juga: 6 Warna Pastel untuk Menghias Dinding Rumah

Bentuk serbet menjadi kelinci kecil

Paskah identik dengan telur dan hiasan berbentuk kelinci. Hiasan kelinci ternyata bisa dibuat sendiri menggunakan serbet. 

Caranya dengan menggulung serbet, kemudian lipat gulungan menjadi dua dan satukan kedua ujungnya. 

Ikat gulungan dengan benang atau pita. Sisakan sedikit cerah di bagian tengah untuk meletakkan telur. Lipat sedikit bagian ujungnya hingga membentuk telinga kelinci. 

Hiasi dinding dengan piring yang dicat

ilustrasi tanaman hias untuk hiasan PaskahShutterstock/Mirage_studio ilustrasi tanaman hias untuk hiasan Paskah

Ide dekorasi Paskah selanjutnya yaitu menghias dinding dengan piring yang sudah dicat. Selain piring yang dicat, piring antik juga bisa dipasang sebagai hiasan dinding. 

Jika bosan dengan piring polos, cobalah untuk melukis piring dengan gaya bertema Paskah seperti telur, kelinci, wortel, bunga, atau ayam.

Baca juga: 5 Cara Menggantung Hiasan Dinding Tanpa Merusak Tembok

Letakkan tanaman hias di dalam ruangan

Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan juga bisa membuat suasana Paskah semakin menyenangkan. Letakkan tanaman dalam pot atau stoples. 

Kemudian, tata vas berisi tanaman hias di laci atau meja. Jika memungkinkan pilih beberapa jenis tanaman hias agar suasana di dalam rumah lebih cantik dan menarik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com