Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Lantai Terbaik untuk Kamar Tidur Menurut Ahli

Kompas.com - 18/03/2024, 14:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai merupakan bagian integral dalam sebuah rumah maupun bangunan. Tanpa lantai, rumah terasa tidak lengkap dan terlihat tak menarik.

Namun, manfaat lantai ini dirasa kurang di kamar tidur. Ketika memikirkan cara terbaik  merombak kamar tidur, banyak orang yangtertuju pada elemen-elemen yang lebih lembut, seperti kasur yang empuk, seprai yang halus, dan dinding dengan warna cat yang menenangkan. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Warna Lantai Kayu dengan Cuka dan Sabut Baja

Padahal, lantai menjadi hal yang penting diperhatikan di kamar tidur. Baik Anda menggunakan karpet maupun kayu keras, ada beberapa tren dalam pilihan lantai kamar tidur

Pikirkan jenis lantai kamar tidur yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang menginjaknya. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Senin (18/3/2024), berikut beberapa jenis lantai terbaik untuk kamar tidur

Lantai kayu keras

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding coklat, gorden di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/ANNATAMILA Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding coklat, gorden di kamar tidur.
Ada alasan mengapa lantai kayu keras menjadi bahan pokok permanen di dunia desain. Ashley Biscan, pakar desain interior dan tren untuk Floor & Decor, mengatakan, lantai kayu keras adalah kemewahan tertinggi dan akan langsung membuat ruangan tampak mewah.

“Kayu ek yang disikat dengan kawat dan finishing matte adalah hasil akhir yang sangat populer. Tampilannya menambah kehangatan alami, tekstur, dan kenyamanan pada desain apa pun," kata Biscan. 

Baca juga: Sebaiknya Memasang Lantai Kamar Mandi Dulu atau Kloset?

 

Lantai batu alam 

Selanjutnya, jenis lantai terbaik untuk kamar tidur adalah batu alam. Meski kita terbiasa melihat lantai batu alam di dapur dan kamar mandi, Biscan mengatakan meningkatnya tren "kemewahan yang tenang" berarti batu alam juga bisa digunakan di kamar tidur.

“Tampilan batu modern, seperti batu kapur dan travertine, menciptakan fondasi kemewahan yang tenang,” ucapnya.

Ini adalah gaya yang sangat cocok digunakan di rumah bergaya peternakan atau di mana pun dengan estetika pesisir, terutama jika Anda cukup beruntung tinggal di suatu tempat yang pasirnya mudah terlacak ke berbagai ruangan.  

Baca juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Diletakkan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

Pertahankan pola klasik

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.
Lantai berpola kotak-kotak akan kembali populer pada 2024. Biscan mengatakan lantai kotak-kotak dapat berfungsi baik di kamar tidur.

Kuncinya, menurunkan warna ke paletlebih netral, menggunakan pola marmer atau tone-on-tone.

“Sangat cocok untuk ruangan yang lebih menenangkan, pasangkan Carrara dengan marmer berwarna terang pelengkap untuk sentuhan halus pada gaya klasik lama,” imbuhnya.

Namun, jika lantai kotak-kotak masih terasa terlalu berani, herringbone adalah gaya klasik yang tidak dapat dikalahkan.

“Apa pun materialnya, memasang lantai dengan pola herringbone akan langsung membawa tampilan ke level lebih,” ujar Biscan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com