Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Ruang Tamu Art Deco yang Estetik dan Nyaman

Kompas.com - 18/03/2024, 12:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu art deco memiliki daya tarik tersendiri. Interior gaya art deco diketahui mulai muncul di tahun 1900-an. 

Salah satu ciri gaya art deco yaitu menggunakan aksen emas dan desain geometris yang berani. Akan tetapi, saat ini gaya art deco banyak dikombinasikan dengan gaya desain interior lain, sehingga terlihat lebih kekinian. 

Baca juga: Tips Menghadirkan Interior Khas Art Deco ke Dalam Rumah

Interior bergaya art deco bisa diterapkan di seluruh bagian rumah, tak terkecuali ruang tamu. Namun, saat membuat ruang tamu art deco, pastikan untuk menyeimbangkan gaya dan kenyamanan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (17/3/2024), berikut ide ruang tamu art deco yang bisa menjadi inspirasi.

Hiasi dinding ruang tamu dengan panel dekoratif

ilustrasi ruang tamu bergaya art decoShutterstock/Philipp Shuruev ilustrasi ruang tamu bergaya art deco

Umumnya, interior klasik memiliki detail arsitektur yang estetik. Di ruang tamu art deco, biasanya dinding dihias dengan panel dekoratif yang membuatnya terlihat menakjubkan.

Baca juga: 5 Ide Desain Ruang Tamu Boho yang Cantik dan Menarik

Penny Drue Baird dari Dessins LLC bahkan mengatakan salah satu ciri gaya art deco yaitu penggunaan cetakan, panel, dan fitur arsitektur lainnya pada kayu atau logam. Ornamen tersebut menggabungkan garis berulang yang ramping atau zig-zag. 

Di ruang tamu bergaya art deco, biasanya dipasang panel dinding berbentuk persegi panjang bertekstur yang dipasang di setiap dinding. Panel tersebut kemudian dicat dengan warna teal, sehingga memberikan kesan elegan pada ruang tamu. 

Menggunakan furnitur yang empuk dan nyaman

Selanjutnya, ide ruang tamu art deco yaitu menggunakan furnitur yang empuk, sehingga terasa nyaman dan mewah. 

Penny Drue Baird mengatakan menggunakan soft furnishing akan menampilkan garis bantalan yang cantik dan menarik. Biasanya, furnitur tersebut terbuat dari rangka kayu, logam, atau kuningan yang kokoh. 

Baca juga: 5 Tren Furnitur Ruang Tamu yang Bakal Populer di 2024

Tambahkan pola geometris

Cara lain untuk menampilkan ruang tamu art deco yaitu dengan menambahkan pola geometris. Pola tersebut bisa ditampilkan pada wallpaper, panel dinding, karpet, hingga bantal sofa. 

Juliette Thomas, direktur Juliettes Interiors mengatakan ruang art deco biasanya menggunakan pola geometris pada karpet atau wallpaper

Pola tersebut cocok dipadukan dengan furnitur ramping dengan finishing harus. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan aksen metalik seperti kuningan atau krom. 

Warna-warna berani seperti hitam, putih, dan emas juga bisa ditampilkan pada ruang tamu art deco. Tampilan ruang tamu akan terlihat semakin menarik dengan penambahan pencahayaan dan aksesori dekoratif yang mewah. 

Baca juga: 4 Tips Memadukan Pola dan Tekstur Menurut Desainer

Pilih pencahayaan yang lembut

Ilustrasi lampu di ruang tamu bernuansa putih terangShutterstock/virtua73 Ilustrasi lampu di ruang tamu bernuansa putih terang

Pencahayaan di ruang tamu memiliki peran penting terhadap tampilan dan suasana di ruangan tersebut. Di ruang tamu art deco, biasanya menggunakan pencahayaan lembut. 

Misalnya, sconce dari kuningan yang menerangi dinding dan lampu langit-langit yang membuat ruangan terlihat menarik. 

Hiasi dengan warna hijau

Terakhir, ide ruang tamu art deco yaitu menghias ruangan dengan warna hijau. Padukan warna hijau dengan aksen metalik hangat untuk menonjolkan desain art deco

Untuk tampilan yang lebih halus, pertimbangkan untuk mengecat bagian dalam atau furnitur dengan warna yang indah yang cocok dipadukan dengan dekorasi emas dan kuningan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com