Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2024, 14:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Ruang tamu perlu dibuat senyaman mungkin karena ruangan ini digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari menyambut tamu, berkumpul bersama keluarga, atau bersantai.

Desain ruang tamu sangat mempengaruhi kenyamanan ruangan ini. Setiap tahun, desain ruang tamu mengalami perubahan mengikuti tren terkini.

Baca juga: 5 Tren Ruang Tamu 2024 yang Bisa Diikuti

Mengubah ruang tamu dengan tren desain terkini akan membuat ruang tamu terasa lebih segar dan menyenangkan. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (16/1/2024), berikut ini tren desain ruang tamu 2024.

Menggunakan ornamen dekorasi vintage

Ilustrasi ruang tamu vintageShutterstock/Pinkystock Ilustrasi ruang tamu vintage

Menggunakan furnitur dan dekorasi vintage menjadi salah satu tren desain ruang tamu di tahun ini. Barang antik dan vintage membuat ruang tamu terasa lebih nyaman dan estetik.

Namun, perlu diperhatikan bahwa furnitur dan dekorasi vintage memerlukan perawatan khusus agar tetap cantik dan tidak mudah rusak.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Tamu Vintage

Menghadirkan gaya eklektik

Tren desain ruang tamu 2024 lainnya yaitu menghadirkan gaya eklektik. Sebagai informasi, gaya eklektik adalah memadukan gaya lama dengan gaya baru, sekaligus mengkombinasikan gaya dan motif berbeda.

Untuk menghadirkan gaya desain ini, buatlah titik fokus ruangan yang tidak berlebihan. Misalnya dengan memadukan warna, pola, dan tekstur di salah satu area ruangan tersebut.

Gabungkan berbagai tekstur

Tekstur berlapis merupakan teknik yang digunakan desainer interior untuk menambah kedalaman dan daya tarik ruangan. Lapisan tekstur juga membuat ruang tamu lebih nyaman.

Gabungkan tekstur berbeda dengan memilih finishing material berbeda, lalu gabungkan dengan pola yang unik.

Baca juga: 5 Cara Memilih Karpet untuk Ruang Tamu

Amber Lewis, desainer utama dan pendiri Amber Interiors, menyarankan untuk menggunakan karpet karena bisa menghadirkan tekstur, pola, dan warna di dalam ruangan.

Sementara itu, Joe McGuier, pendiri JAM, mengatakan tekstur di dalam ruangan bisa dihadirkan pada finishing dinding. Permukaan dinding seperti plester, pelapis, dan wallpaper bertekstur akan membuat ruang tamu terlihat lebih menawan.

Gunakan warna hangat

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna oranye.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna oranye.

Salah satu tren desain ruang tamu 2024 yaitu penggunaan warna hangat, seperti kuning, oranye, atau merah.

Direkomendasikan untuk menggabungkan warna, tekstur, dan pola yang berbeda agar tampilan ruang tamu terlihat berbeda. Selain membuat ruangan terlihat lebih menarik, warna hangat juga bisa memberikan kesan nyaman dan ramah.

Baca juga: 7 Pilihan Warna Hangat untuk Ruang Tamu

Warna dan pola yang berani

McGuier mengatakan warna yang ditampilkan di ruang tamu menjadi bentuk ekspresi diri. McGuier jua memprediksi adanya perubahan warna interior dari warna netral ke warna-warna yang lebih berani.

Sementara itu, Burnham menyarankan untuk menggunakan wallpaper dinding agar memberikan kesan yang lebih menarik. Selain itu, wallpaper juga bisa menampilkan berbagai corak dan tekstur yang unik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com