Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Tradisional, Berikan Kesan Klasik dan Nyaman

Kompas.com - 17/01/2024, 17:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Desain ruang tamu tradisional menjadi favorit banyak orang karena tidak lekang oleh waktu. Ruangan ini memberikan kesan klasik dan nyaman.

Sesuai dengan namanya, ruang tamu tradisional banyak menggunakan ornamen dekorasi klasik yang unik dan menarik.

Mendekorasi ruang tamu bergaya tradisional tidaklah sulit. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Rabu (17/1/2024), berikut ide dekorasi ruang tamu tradisional yang memberikan kesan klasik.

Baca juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu Bergaya Boho yang Cantik dan Modern

Menggunakan warna dan pola yang mencolok

Ilustrasi wallpaper dinding ruang tamu. SHUTTERSTOCK/UNITED PHOTO STUDIO Ilustrasi wallpaper dinding ruang tamu.

Ruang tamu bergaya tradisional biasanya menggunakan warna dan pola yang mencolok. Warna berani seperti hijau dan biru cerah banyak digunakan.

Sementara itu, pola atau motif menarik biasanya ditampilkan lewat wallpaper. Seimbangkan tampilan ruang tamu tradisional dengan furnitur berwarna netral.

Kursi klasik

Ide dekorasi ruang tamu tradisional lainnya yaitu menggunakan kursi klasik. Kursi bergaya klasik biasanya dicirikan dengan kaki dan lengan ukir, serta terdapat bantalan maupun sandaran empuk.

Selain itu, kursi klasik biasanya bermotif unik dan mencolok dengan warna netral, sehingga tampilannya tidak berlebihan.

Baca juga: 5 Tips Memadukan Furnitur Modern dan Antik

Perlengkapan lampu klasik

Lampu klasik membuat ruang tamu terlihat semakin unik dan cantik. Jenis lampu yang bisa digunakan yaitu lampu dari logam atau kristal.

Selain memberikan kesan klasik, lampu unik ini juga membuat ruangan terlihat mewah dan elegan. Tak hanya menjadi ornamen dekorasi, lampu juga berfungsi sebagai penerangan, sehingga ruangan lebih terang dan nyaman.

Furnitur kayu

Furnitur kayu juga banyak digunakan di ruang tamu tradisional. Furnitur kayu tak hanya dicat dengan warna kayu, namun bisa juga dicat dengan warna-warna cerah.

Furnitur berwarna mencolok memberikan kesan meriah dan ceria. Cat yang digunakan juga biasanya memiliki finishing mengkilap, sehingga terkesan lebih formal.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Furnitur Kayu Tetap Berkilau dan Tahan Lama

Lantai bermotif

Ilustrasi ruang tamuSHUTTERSTOCK/DIMASIK_SH Ilustrasi ruang tamu

Lantai juga perlu diperhatikan saat mendekorasi ruang tamu bergaya tradisional.

Di ruang tamu tradisional, biasanya menggunakan lantai kotak dengan warna klasik. Biasanya, menggunakan warna hitam dan putih, sehingga menyerupai papan catur.

Karpet

Terakhir, ide dekorasi ruang tamu tradisional yaitu menggunakan karpet untuk melapisi lantai. Karpet membuat ruang tamu terasa lebih nyaman.

Selain itu, karpet juga membuat ruangan lebih menarik. Biasanya, karpet yang dipilih berwarna netral seperti krem dan abu-abu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com