Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang yang Tidak Boleh Diletakkan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

Kompas.com - 13/03/2024, 17:00 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Kamar tidur menjadi tempat tidur, beristirahat, dan melepas lelah setelah seharian menjalani aktivitas.

Maka dari itu, penting membuat kamar tidur memiliki suasana yang nyaman dan tenang untuk menunjang memperoleh tidur yang berkualitas. 

Baca juga: 6 Ide Kamar Tidur Berwarna Cokelat yang Cantik

Sayangnya, kamar tidur sering kali menyimpan banyak barang yang seharusnya tidak berada di ruangan. Barang-barang tersebut juga dapat mengganggu dan menurunkan kualitas tidur. 

Karena itu, penting menyingkirkan barang-barang tersebut dari kamar tidur

Dilansir dari The Spruce, Rabu (13/3/2024), berikut beberapa barang yang tidak boleh diletakkan di kamar tidur karena bisa mengganggu tidur menurut desainer interior. 

Penataan pakaian dan peralatan gym yang tidak rapi

Ilustrasi kamar tidur hangatUnsplash/im3rdmedia Ilustrasi kamar tidur hangat
Jean Parker, pendiri Le Jean Design—sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang desain interior di New York, Amerika Serikat (AS)—mengatakan, kamar tidur seharusnya menjadi tempat yang tenang untuk memulihkan energi.

Karena itu, perlu menjauhkan barang-barang yang dapat merusak suasana tenang di kamar tidur, seperti menumpuk pakaian di kursi atau meletakkan peralatan gym

Hal ini bisa membuat Anda sulit tidur karena memikirkan pakaian yang berantakan dan keinginan untuk gym

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Kecil Tampak Lebih Luas

Meletakkan peralatan kantor

Selanjutnya, barang yang tidak boleh diletakkan di kamar tidur adalah peralatan kerja atau kantor. Sebab, hal ini dapat mengingatkan tentang pekerjaan, yang membuat sulit beristirahat. 

Amity Worrel, pendiri The Amity Worrel & Co—sebuah studio desain interior di Texas, AS—menyarankan untuk mempertimbangkan barang-barang yang diletakkan di kamar tidur.

Jika ingin meletakkan meja kerja di kamar tidur, pastikan meja tersebut tidak diisi dengan perakatan-peralatan pekerjaan dan menjaga meja tetap rapi. 

Baca juga: 6 Ide Kamar Tidur Bergaya Bohemian Estetik dan Nyaman

Penggunaan kerai

Beberapa desainer interior tidak merekomendasikan untuk menggunakan kerai di dalam kamar tidur. Rebecca Cox dan Debra Vigna, pendiri Lily Spindle—jasa desain interior asal Los Angeles, AS—mengatakan, kehadiran kerai di dalam kamar hanya menimbulkan kesan suram.

Sebagai solusinya, Cox dan Vigna merekomendasikan untuk menggunakan gorden bermotif yang dapat meningkatkan kesan hangat di kamar tidur. 

Baca juga: 5 Warna Kamar Tidur yang Dianggap Bisa Bawa Sial

Terlalu banyak rak

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.
Abbie Naber, desainer interior sekaligus pemilik Naber Design, berpendapat, meletakkan terlalu banyak rak terbuka di kamar tidur dapat mengakibatkan kekacauan yang tidak diinginkan.

Jika ingin meletakkan rak di kamar mandi, pilih rak minimalis dengan gaya dekoratif yang padu dengan nuansa kamar. Dalam hal ini, sisi artistik rak lebih banyak diperhatikan daripada sisi fungsionalnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com