Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya Memasang Lantai Kamar Mandi Dulu atau Kloset?

Kompas.com - 10/03/2024, 09:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti kloset dan lantai di kamar mandi mungkin tampak seperti pekerjaan yang mudah.

Namun, jika memiliki sedikit pengalaman atau baru pertama kali melakukannya, Anda mungkin bertanya-tanya, "apakah sebaiknya memasang kloset sebelum atau sesudah lantai? 

Baca juga: Cara Membersihkan Kloset dengan Baking Soda

Joseph Wade, Wakil Presiden Operasi Benjamin Franklin Plumbing, jasa penyedot, mengatakan  saat merenovasi kamar mandi yang melibatkan lantai dan kloset baru, disarankan memasang lantai terlebih dahulu.

Hal ini untuk memastikan saat memasang kloset baru, flensa toilet (yang menghubungkan toilet ke lantai dan pipa pembuangan) disegel pada permukaan yang rata serta terpasang dengan benar ke pipa ledeng Anda.

Ini berlaku untuk semua jenis lantai, baik ubin, marmer, laminasi, maupun vinil. Seperti halnya proyek apa pun, jika Anda melakukannya sendiri, harus selalu meluangkan waktu memastikan  memasang lantai dengan benar. 

Apabila tidak, akan sulit memperbaiki semuanya pada kemudian hari atau setelah kloset rusak. Belum lagi, biaya tambahan yang mungkin dikeluarkan atas kesalahan Anda. 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kloset Mampet tanpa Penyedot

Manfaat menambahkan lantai kamar mandi terlebih dahulu

Ilustrasi kloset.Unsplash/filios_sazeides Ilustrasi kloset.
Ada beberapa manfaat lain menambahkan lantai kamar mandi terlebih dahulu sebelum memasang kloset. 

Joseph menjelaskan, menambahkan lantai kamar mandi terlebih dahulu dapat mencegah terbentuknya jalur kebocoran, yang dapat merusak rumah dan menyebabkan biaya perbaikan yang mahal.

Selain itu, memasang lantai kamar mandi terlebih dahulu memungkinkan Anda menghindari proses membosankan dalam memotong material (biasanya ubin) menjadi bentuk atau ukuran yang aneh agar sesuai dengan kloset yang sudah terpasang serta memberikan hasil akhir lebih bersih pada kamar mandi. 

"Jadi, jika menginginkan hasil akhir berkualitas tinggi saat merenovasi kamar mandi, sebaiknya memasang lantai kamar mandi terlebih dahulu," imbuh Joseph dilansir dalam House Digest, Minggu (10/3/2024). 

Jika mencurigai adanya kebocoran, ini pertanda memanggil tukang ledeng untuk memperbaiki kamar mandi.

Hal ini berlaku sebelum dan sesudah Anda memasang lantai atau kloset baru karena masalah ini perlu diperbaiki sebelum dapat melanjutkan desain ulang.

Dengan cara ini, akan mendapatkan kamar mandi baru yang berfungsi penuh dan dapat dibanggakan. 

Baca juga: Stop Menyimpan Sikat Kloset Basah ke Dalam Wadah, Ini Bahayanya

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

Ilustrasi kloset.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kloset.
Meski ini bisa menjadi cara bagus menghemat biaya dengan memasang sendiri lantai dan kloset, Anda mungkin perlu berpikir dua kali jika ingin menghemat uang dalam jangka panjang.

Ternyata, memasang kloset baru  lebih rumit dari yang terlihat. Menurut Joseph, memasang kloset baru atau melepas kloset lama, bisa menjadi tugassulit tanpa pengetahuan atau pengalaman sebelumnya dalam bidang pemipaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com