Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber hgtv


JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset mampet menjadi masalah yang sering terjadi di rumah. Penyebabnya sangat beragam mulai dari tumbukan noda hingga adanya gangguan pada saluran pembuangan.

Saat kloset mampet, Anda bisa menggunakan alat penyedot agar sumbatan terangkat dan saluran kloset kembali lancar. Tapi ternyata, tanpa alat penyedot pun Anda bisa mengatasi kloset mampet dengan mudah.

Dilansir dari HGTV, Sabtu (23/9/2023), berikut ini beberapa cara mengatasi kloset mampet tanpa alat penyedot dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Efektif, Ini Cara Mengatasi Kloset Mampet

Siram dengan air panas

Air panas merupakan bahan alami yang bisa mengatasi kloset mampet. Namun, jika kloset terisi penuh, maka Anda perlu membuang sebagian airnya terlebih dahulu.

Kemudian, tuangkan air panas ke dalam mangkuk kloset dan diamkan. Meskipun cukup efektif untuk mengatasi kloset tersumbat, berhati-hatilah saat menuangkan air panas agar tidak mengenai tangan.

Ilustrasi menyedot WC mampetSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi menyedot WC mampet

Selain itu, air panas juga bisa menyebabkan kerusakan pada porselen. Oleh karena itu, hati-hatilah saat menggunakan air panas untuk mengatasi sumbatan pada kloset.

Gunakan sabun cuci piring

Selain menggunakan air panas, Anda juga bisa menambahkan sabun cuci piring untuk mengatasi kloset yang mampet. Sabun cuci piring dituangkan terlebih dahulu ke dalam kloset.

Kemudian, tambahkan air panas dan diamkan selama beberapa menit. Lalu, bilas dengan air bersih sampai busa sabun hilang.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kloset Mampet Tanpa Penyedot

Semprotkan udara

Cara mengatasi kloset mampet selanjutnya yaitu dengan menyemprotkan udara. Caranya, masukkan ujung botol plastik bekas ke kloset.

Lalu, peras dengan kuat dan cepat. Udara akan masuk ke dalam pipa dan membuat sumbatan kembali lancar. Anda bisa menggunakan botol 2 liter karena kapasitas udaranya lebih besar.

Gunakan soda kue dan cuka

Bahan dapur seperti soda kue dan cuka juga bisa digunakan untuk mengatasi kloset yang mampet. Caranya dengan memasukkan soda kue ke dalam kloset.

Lalu, tuangkan juga cuka putih untuk mempercepat reaksi kimia. Reaksi ini ditandai dengan suara desis.

Saat terdengar suara desisan, Anda mungkin akan melihat ketinggian air turun yang menandakan bahwa penyumbatan sudah hilang.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kloset Mampet Tanpa Alat Sedot WC

Gunakan pembersih khusus kloset

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan pembersih khusus kloset. Gunakan bahan pembersih ini sesuai dengan panduan pada kemasannya.

Itulah beberapa cara mengatasi kloset mampet dengan mudah. Untuk mencegah sumbatan pada kloset, bersihkan kloset dengan rutin dan jangan buang sampah ke dalam kloset.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com